Mohon tunggu...
Tri adi setiawan
Tri adi setiawan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Pendidikan IPS Bogor - Bandung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik UPI 2021 Bidang Pendidikan: Peranan Orang Tua dalam Mendampingi dan Memotivasi Anak agar tetap Berprestasi dalam pembelajaran Daring

2 Agustus 2021   00:04 Diperbarui: 2 Agustus 2021   22:36 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021 Bidang Pendidikan: Peranan Orang Tua dalam Mendampingi dan Memotivasi Anak agar tetap Berprestasi dalam pembelajaran Daring
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia memiliki dampak yang sangat besar dalam berbagai bidang, Salah satunya ialah Bidang Pendidikan, yaitu dengan merubah sistem pembelajaran konvensional (Tatap muka) menjadi pembelajaran jarak jauh yang menggunakan media internet (pembelajaran daring). 

Tentu saja dalam pembelajaran daring yang dilakukan ini, tidak berjalan secara mulus begitu saja, banyak hambatan - hambatan yang dialami, baik guru maupun peserta didik dimana salah satunya guru mengeluhkan banyaknya peserta didik yang kurang dalam memahami materi dan juga jarang mengerjakan tugas. 

Hal tersebut disebabkan karena guru atau tenaga pengajar tidak dapat memperhatikan dan memberikan materi keseluruhan kepada siswa di karenakan terkendala kondisi PPKM dalam pandemi saat ini, sehingga dalam hal ini peran Orang Tua dalam mendampingi dan memotivasi sangat di butuhkan oleh anak, agar anak tetap semangat dan berprestasi dalam pembelajaran daring ini. berikut peranan Orang Tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring;

  1. Membuat Jadwal pada anak
    Orang Tua bisa membantu dan membimbing anak untuk membuat jadwal yang seimbang antara waktu belajar, istirahat, bermain, berolahraga dan lainya. dengan membantu membuat jadwal pada anak, anak bisa belajar sesuai kebutuhanya dan tidak mudah stress dalam pembelajaran daring ini.
  2. Membuat kondisi senyaman mungkin pada saat anak belajar/ melakukan pembelajaran daring
    Sebagai orang tua harus mengetahui kondisi pada saat anak belajar, apakah dia merasa nyaman dalam belajar atau tidak karena dapat berpengaruh pada minat belajar anak. kita sebagai orang tua berperan dalam menyediakan tempat yang nyaman untuk anak belajar seperti tempat yang bersih( di sapu dan di pel), menyediakan meja belajar, minum dan pencahayaan yang cukup agar anak bisa belajar dengan nyaman.
  3. Orang Tua sebagai pemberi Informasi materi yang tidak dimengerti oleh anak
    Orang Tua harus bisa memberikan informasi-informasi yang tidak di ketahui oleh anak ketika anak sedang belajar. hal tersebut di karenakan guru/ tenaga pendidik di kelas tidak bisa memberikan informasi yang menyeluruh kepada anak karena keterbatasan ruang dan waktu. oleh karena itu orang tua harus mencari informasi mengenai materi pelajaran pada anak dengan mencari sumber untuk menunjang pembelajaran tersebut, sehinga orang tua bisa menjelaskan ketika anak tidak mengerti dalam suatu materi.
  4. Berkomunikasi dengan guru
    Menjaga komunikasi dengan guru sangat penting dilakukan, agar mendapatkan sebuah solusi terkait hambatan belajar pada anak dan cara mengajar anak yang menyenangkan di rumah. 
  5. Memberikan Reward pada anak
    Orang Tua harus memberikan Rewards kepada anaknya ketika anak tersebut selesai belajar, mengerjakan tugas maupun melakukan kegiatan lainya, tujuan pemberian rewards pada anak adalah agar anak memiliki motivasi untuk tetap semangat dalam belajar, mengerjakan tugas maupun melakukan kegiatan lainya.

Dari beberapa hal di atas peran Orang Tua sangatlah penting dalam membimbing dan memberikan motivasi kepada anak dengan tujuan agar anak tetap memiliki semangat yang tinggi dan memiliki mindset untuk tetap berprestasi walaupun dalam pembelajaran daring ini banyak hambatan-hambatan yang sangat sulit terutama dalam hal memahami materi pembelajaran.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN