Mohon tunggu...
Totok Siswantara
Totok Siswantara Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis, memuliakan tanaman dan berbagi kasih dengan hewan

Pembaca semangat zaman dan ikhlas memeluk takdir

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Pahlawan Masa Kini yang Dirindukan

10 November 2023   09:08 Diperbarui: 10 November 2023   09:30 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya (sumber Tribun Manado)

Pahlawan Masa Kini yang Dirindukan

Nilai kepahlawanan dan jiwa ksatria kini tertimbun oleh berbagai masalah bangsa. Adakah pahlawan masa kini yang dirindukan rakyat ?.

Peringatan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November selalu mencuatkan pertanyaan seperti apa sosok pahlawan masa kini. Peringatan tahun 2023 mengambil tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Rakyat merasakan tema yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut kurang greget karena perang terhadap kemiskinan dan kebodohan belum dilakukan secara totalitas.

Definisi pahlawan masa kini sulit dirumuskan. Namun demikian, hakekat pahlawan masa kini adalah seseorang yang telah memperlihatkan karya unggul, kepeloporan, serta kerelaan berkorban dalam membela atau memperjuangkan kepentingan rakyat luas. Perlu merumuskan kembali nilai kepahlawanan yang bisa membawa kejayaan bangsa dalam arti yang sesungguhnya.

Masing-masing orang punya persepsi tersendiri tentang pahlawan yang dia rindukan. Ibu dan Ayah adalah pahlawan abadi dalam sejarah perjalanan hidup kita. Selain orang tua kita masing-masing, siapa pahlawan yang kita rindukan saat ini ?.

Definisi tentang pahlawan yang mampu menyentuh sanubari tentang sosok pahlawan yang selalu dirindukan rakyat tergambar dalam bait lagu Iwan Fals, yakni :

"Terbayang baktimu, terbayang jasamu, terbayang jelas jiwa sederhanamu. Bernisan bangga, berkembang doa, dari kami yang merindukan orang sepertimu ".

Persepsi dan arti kepahlawanan antara rakyat dan penguasa jauh berbeda. Rakyat yang mencari makan sendiri, berdikari sendiri, berjuang sendiri tanpa bantuan dari penguasa tentunya memiliki arti kepahlawanan yang berbeda dengan birokrat abdi penguasa.

Pada era globalisasi sekarang ini, predikat pahlawan bisa saja diberikan pada sosok yang memberi dampak positif pada masyarakat luas, seperti halnya bagi para pelaku ekonomi. Kata pahlawan dalam kamus besar Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata Pahla dan Wan. Pahla mengandung makna buah, sedang Wan untuk sebutan orangnya (bersangkutan). Pengertian secara luas pahlawan adalah orang yang menghasilkan sebuah karya untuk kepentingan bangsa dan negara atau seorang pejuang gagah berani yang mengorbankan jiwa dan raga untuk kepentingan bangsa.

Ibu adalah Pahlawan Abadi dalam hidup kita (dok Yusran Darmawan )
Ibu adalah Pahlawan Abadi dalam hidup kita (dok Yusran Darmawan )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun