Mohon tunggu...
Toriqotul Hidayanah
Toriqotul Hidayanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - seorang acne fighter dan perempuan yang selalu gagal diet :)

anak perempuan terakhir dari 3 bersaudara. Sedang berjuang berlari diatas roda kehidupan. memiliki ketertarikan tentang kesehatan mental.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Itu Deepavali?

31 Oktober 2021   13:04 Diperbarui: 31 Oktober 2021   13:07 230 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam kalender tahun ini Deepavali jatuh pada hari Kamis tanggal 4 November 2021, banyak orang mempertanyakan apa itu Deepavali? Masih banyak orang yang merasa asing dengan istilah ini.

Dilansir dari wikipedia Deepavali, Diwali atau Dīpāvali dalam agama Hindu berarti “Festival Cahaya”. Festival ini dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalender Hindu.

Festival Deepavali sendiri memiliki makna kemenangan atas keburukan. Dalam hal ini diceritakan beberapa kisah seperti kemenangan Rama dalam melawan Rahwana. 

Perayaan ini terfokus pada lampu dan cahaya, terutama pada lampu “diya” tradisional. Hal tersebut dianggap melambangkan jalan cahaya yang membimbing mereka di dalam kegelapan.

Cahaya tersebut juga melambangkan suka-cita serta harapan bagi khidupan manusia. Tidak hanya dengan gemerlap cahaya, perayaan diwali juga diwarnai dengan antusias umat yang merayakannya. Orang-orang akan mengenakan pakaian baru, berbagi makanan dan kegiatan yang baik lainnya.

Pada perayaan deepavali bangunan-bangunan akan diterangi oleh cahaya sehingga akan nampak gemerlap. Gegap gempita perayaan Diwali tidak hanya dilaksanakan di India tapi juga beberapa negara lain yang menganut agama Hindu dan kepercayaan yang lain yang merayakannya.

Dikutip dari How and Why do Hindus Celebrate Divali? (2013) karya Jean Mead, Diwali merupakan lambang spiritual mengenai “kemenangan terang atas kegelapan, kebaikan atas kejehatan, dan pengetahuan atas ketidaktahuan.”

Sepanjang perjalanan sejarahnya, ditemukan beberapa versi asal-usul Diwali yang lain beserta buktinya. Tradisi ini terus dilerstarikan, dan berkembang hingga saat ini.

Dalam perayaan Deepavali para umat Hindu akan menyalakan lampu, lilin, dan cahaya lain yang akan menerangi seluruh pemukiman. 

Selamat menyambut datangnya hari Deepavali bagi yang merayakan, semoga harapan-harapan yang digantungkan akan segera terkabul :)

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan