Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Cari Tahu Amalan Cetar di Bulan Ramadhan, Yuk Kita Berburu Pahalanya

6 April 2022   23:29 Diperbarui: 6 April 2022   23:32 380 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
  Semua bersuka cita dengan hadirnya bulan Ramadhan(dokpri)

Dalam penanggalan Hijriyah yang mengacu peredaran bulan mengitari bumi, ada bulan yang paling ditunggu umat muslim dan muslimah di seluruh dunia, alhamdulillah saat ini kita semua memasuki bulan suci Ramadhan. Istimewanya adalah dilipat gandakan pahala kebaikan, saatnya yuk berburu pahala selama sebulan penuh.

Dalam Hadist shahih Bukhari Muslim di bab Keutamaan Bulan Ramadhan, Rasulullah bersabda : "Apabila masuk Ramadhan, pintu pintu langit(surga) dibuka, pintu pintu nerakaditutup, dan setan setan dibelenggu."(Dikeluarkan oleh Bukhari, pada kitab Shiyam bab ke 5).

Kualitas maupun kuantitas ibadah ketika bulan suci cenderung di posisi naik. Bulan suci memang selalu spesial untuk dijalani, mereguk banyak kesempatan untuk berbuat baik. Apakah dari kita semua akan memaksimalkan amalan yang ada di bulan Ramadhan, atau malah membiarkan bulan suci berlalu begitu saja?

Seyogyanya seorang muslim akan mengambil ancang ancang untuk bisa menikmati bulan Ramadhan secara sempurna disertai amalan yang menyertainya, baik waktu siang maupun malam, setiap detiknya di bulan puasa adalah kebaikan yang tak terkira. Meski harus menahan lapar dan haus dalam jangka waktu yang cukup lama, produktivitas tetap terjaga dan berikhtiar mengerjakan amalan di bulan suci.

Apa saja sih amalan yang bisa dikerjakan oleh kaum muslimin dan muslimah saat Ramadhan? Menarik nih, yup kita jelajahi bersama beberapa amalan ketika mengerjakan puasa. Semoga apa yang kita lakukan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, yang penting adalah menikmati  syahdu bulan Ramadhan, bulan mulia yang ngangenin bagi umat Islam.

Ada Rahasia Keberkahan Ketika Santap Sahur 

Bahkan untuk bangunnya pun ada orang orang yang dengan sukarela keliling kampung sambil membawa alat bunyi bunyian, meski ogah ogahan karena ngantuk, amalan ini selayaknya jangan sampai terlewatkan. Santap sahur salah satu khasnya orang melaksanakan puasa, usahakan tetap bersantap sahur meski hanya meminum segelas air.

Ada rahasia ketika bersantap sahur, yakni keberkahan yang didapat, di tinjau dari sudut kesehatan, makan sahur akan memberikan asupan nutrisi bagi orang yang berpuasa, selain itu terjadinya dehidrasi akan terhindari, yuk yang malas malasan bangun saat waktu sahur, waktunya semangat nih ketika sahur.

Mungkin banyak diantara kita menyepelekan waktu sahur, padahal ketika sahur adalah waktu dikabulkannya doa dan juga saat yang tepat untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Benar benar moment yang jangan dilepaskan ini mah gaes, tapi setelah santap sahur jangan cepat cepat bobo ya, siap siap juga untuk sholat shubuh.

Sedekah Kunci Nikmatnya Berbagi dengan Sesama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan