Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menonton Euro dengan Gembira, Covid di Eropa Telah Usai?

22 Juni 2021   14:10 Diperbarui: 22 Juni 2021   14:16 239 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menonton Euro dengan Gembira, Covid di Eropa Telah Usai?
 Stadion Puskas Arena luber penonton tanpa masker(dok:Reuters/Bernadett Szabo)

Setelah tertunda setahun pelakanaan Euro 2020, akhirnya pesta bal balan di benua biru digelar jua, dihantam banyaknya kasus Covid-19, ajang turnamen bergengsi Euro pun dihelat di 11 negara Eropa. 

Atmosfir pertandingan semakin seru dengan hadirnya penonton ke stadion, ada stadion yang hanya di izinkan memuat jumlah penonton hanya 20% dari kapasitas. Namun variasi jumlah penonton berbeda beda dan ini menjadi hal yang menarik.

Eropa salah satu benua yang dihajar Covid-19, namun kini mereka mampu bangkit dan menyajikan pertandingan sepak bola bermutu, padahal kasus Covid di benua biru mencapai 50.021.612 yang tersebar di 52 negara. 

Penonton pun tak serta merta masuk stadion dan menonton pertandingan, mereka pun diperiksa dan harus dinyatakan telah di vaksin, permasalahan ngumpul bareng seakan bukan hal tabu.

Terlihat seru saat menyaksikan duel Hungaria versus Portugal di laga awal grup F yang disebut sebut sebagai grup nerakanya Euro 2021. Portugal memang mendominasi pertandingan dengan mega bintangnya Ronaldo. 

Stadion Puskas Arena terlihat penuh, kapasitas penonton memadati stadion yang mempunyai 67.889 kursi. Sorai sorai membahana dan mereka menikmati pertandingan tanpa perlu memakai masker atau himbauan menjaga jarak.

Berbeda dengan kasus Covid di Indonesia yang malah naik pasca libur lebaran, tempat wisata terpaksa di buka tutup, beberapa provinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Barat mengalami kenaikan kasus Covid. Padahal di Hungaria pun rasio kematian per satu juta penduduk , rata rata 171,2 kematian pada bulan April lalu.

Hungaria pantas bersiap menjadi tuan rumah, karena mereka mempunyai angka prosentase tinggi untuk penduduk yang telah divaksin, per 14 Juni 2021, penduduk Hungaria telah di vaksin 97,6 %. Ada 5,3 juta jiwa telah menikmati vaksin. Pantas saja dukungan penonton di stadion begitu antusias.

Grup A,B, C telah menyelesaikan pertandingan, juara dan runner up grup melenggang ke babak 16 besar, mungkin negara yang berperingkat tiga sedang dag dig dug apakah mereka juga lolos sebagai peringkat tiga terbaik. Yang seru adalah melihat pertandingan terakhir grup B di stadion parken, Kopenhagen, Denmark yang mempertemukan dua negara yang sama sama terluka karena harus bertarung hingga pertandingan terakhir apabila ingin lolos.

Stadion Parken terlihat penuh, stadion yang mempunyai kapasitas 38,065 ini didominasi penonton dengan kostum warna merah, khas tim dinamit Denmark. 

Penonton yang melimpah seakan menjadi bukti bahwa mungkin si Covid sudah minggat dari benua Eropa. Penonton yang mengalir ke stadion dan memberikan nuansa yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x