Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Kisah Buruh Korban PHK Pandemi Covid yang Enam Kali Gagal Lolos Gelombang Kartu Prakerja

9 April 2021   17:07 Diperbarui: 9 April 2021   17:32 113 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Buruh Korban PHK Pandemi Covid yang Enam Kali Gagal Lolos Gelombang Kartu Prakerja
Harapan lolos mendapatkan kartu prakerja selalu kandas hingga enam kali(screenshoot kartuprakerja.com)

Bol bola jadi bete bete

Gol gol gol jadi kagak ade

Atlet bola daripada memble

PHK nganggur nganggur aje

Sepotong lagu P Project yang memparodikan lagu "La Copa de la Vida yang merupakan lagu resmi ajang Piala Dunia 1998 namun diparodikan secara jenaka oleh P Project dengan tembang Lagunya Lagu Bola. 

Bertepatan pentas bola dunia tahun 1998, Indonesia pun dalam keadaan carut marut, reformasi bergulir dan kekacauan terjadi, penjarahan dan juga lengsernya rezim orde baru serta bertumbangnya perusahaan membuat buruh  kehilangan pekerjaan dan Pemutusan Hubungan Kerja sesuatu yang lazim saat itu.

23 tahun berselang skema PHK kembali hadir di tanah air, bukan rezim yang diganti menjadi gara gara, ekonomi melemah dan dunia usaha makin seret saat ada pandemi global, opsi PHK menjadi jalan dan penulis bagian dari pekerja yang kehilangan pekerjaan dan otomatis menjadi pengangguran. Data Kementerian Ketenagakerjaan hingga 31 Juli 2020 jumlah yang kena PHK dan dirumahkan mencapai 3,5 juta lebih, dan mungkin saat ini angkanya pasti terus bertambah.

Ada harapan saat pemerintah merilis Kartu Prakerja yang merupakan program  pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja. 

Kartu Prakerja tidak untuk mereka yang mencari kerja, pekerja/buruh terkena PHK pun bisa mendaftar, tapi memang tak semudah itu ferguso untuk menembus gelombang pekerja. Bahwa Kartu Prakerja  merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 dengan ketua Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Pertama mendaftar saat mendapat info bahwa buruh korban PHK bisa daftar dan mengikuti test, setelah mengisi persyaratan dan tetek bengeknya, saatnya ikutan test dan setelah itu menunggu keputusan lolos atau tidaknya. Mengikuti test Kartu Prakerja di Gelombang Kedelapan tanggal 12 September 2020 dan apesnya saat pertama kali mencoba muncul notifikasi yang bikin nyesek "Kamu belum berhasil lolos gelombang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN