Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN

SOUND OF BOROBUDUR

1 Mei 2021   06:13 Diperbarui: 1 Mei 2021   06:13
 SOUND OF BOROBUDUR

Peradaban manusia khususnya pada abad ke-8 sangat tidak terlepas dari yang namanya seni musik dalam berbagai kegiatan. Mulai dari aktivitas hiburan, kegiatan formal kenegaraan, sampai upacara-upacara persembahan yang bersifat spiritual. Melalui musik juga orang dapat menghargai keindahan, menuangkan seluruh pikiran, daya cipta, dan perasaan, musik juga hidup sebagai nafas kehidupan di tengah masyarakat.

Seperti beberapa alat musik yang telah terukir pada relief-relief Candi Borobudur. Relief bertema musik di Borobudur bisa kita temukan pada lebih dari 200 relief yang berada di 40 panil, dan menampilkan lebih dari 60 jenis instrumen alat musik, yaitu alat musik petik, tiup, pukul, dan membran.

Berdasarkan fakta tersebut, bisa dikatakan bahwa Borobudur dulu adalah pusat musik dunia, pusat peradaban, serta titik bertemu, berlintasan, dan berjumpanya para pembawa budaya dari berbagai penjuru Nusantara bahkan dunia. Bagaimana tanggapanmu terkait sebuah alat musik yang berpadu dengan peradaban manusia.

Yuk, bagikan di Kompasiana dengan menyematkan label Wonderful Indonesia, Sound of Borobudur, & Borobudur pusat musik dunia (menggunakan spasi) pada tiap konten yang kamu buat.