Mohon tunggu...
Her Wanto
Her Wanto Mohon Tunggu... Abstrak

Eska Unggul Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Jumat Sebagai Rajanya Hari

17 September 2020   23:50 Diperbarui: 18 September 2020   00:19 33 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jumat Sebagai Rajanya Hari
Dok. NU Online

Assalamualaikum

Sahabat Kompasiana, Malam ini adalah malam Jum'at di Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes, yang sebagian besar penduduknya adalah warga Nahdliyyin, melaksanakan Jamiah Rijalul Ansor dengan membaca Sholawat Nariyah. Di Jamiah ini seperti biasa mendo'akan para ahli kubur, para sahabat, para mu'asis, para Kyai yang sudah mendahului kita. Kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, baru selanjutnya adalah membaca Sholawat Nariyah.

Setelah semua membaca Sholawat Nariyah, selanjutnya adalah Mauidhotul Hasanah yang disampaikan oleh pengasuh Jamiah Rijalul Ansor yaitu Ustadz Agung Nurzaman. Tema malam ini adalah Jum'at sebagai Sayyidul Ayyam atau rajanya hari. Hari Jum'at adalah hari yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin, sebab hari Jum'at adalah hari yang penuh keberkahan dan ampunan. Do'a yang dipanjatkan di hari Jum'at, tidak akan ditolak, semua dikabulkan.

Beberapa keistimewaan hari Jum'at adalah hari lahirnya Nabi Adam Alaihi salam, hari dimana Nabi Adam Alaihi salam pertama kali diturunkan ke bumi dan hari kiamat juga nanti datang di hari Jum'at. Hari yang sungguh istimewa disebut juga hari untuk beribadah. Di hari ini kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, membaca ayat suci Al-Qur'an dan memperbanyak bersedekah.

Dalam Mauidhotul Hasanah Ustadz Agung juga  menyampaikan bahkan ayam jantan saja kalau di pagi subuh hari Jum'at, akan sangat bersyukur dan selalu berdzikir kepada Allah. Masih diberikan umur panjang, masih berjumpa dengan hari Jum'at adalah sebuah keberkahan luar biasa. 

Begitulah pencerahan di Jamiah Nariyah Rijalul Ansor. Menjadi tradisi di Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo, setelah membaca Sholawat Nariyah, sedikit makanan dihidangkan oleh tuan rumah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan sebagai rasa terimakasih karena sudah dibacakan Sholawat Nariyah di rumahnya. 

Mari kita perbanyak dzikir, ngaji dan membaca Sholawat serta jangan lupa bersedekah. Semoga Allah memberikan keberkahan dan barokah kepada para jamaah dan mengabulkan semua do'a-do'a  kita.

Semakin banyak orang yang bersholawat dan berdo'a maka semakin sejuk rumah kita serta perbanyaklah sedekah. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x