Mohon tunggu...
Her Wanto
Her Wanto Mohon Tunggu... asli

FMM

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Corona Ajarkan Banyak Hal untuk Umat Manusia

5 April 2020   11:51 Diperbarui: 8 April 2020   22:47 84 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona Ajarkan Banyak Hal untuk Umat Manusia
Dok. Azar Paridara Fan-Deja

Setiap kejadian di dunia ini pasti ada hikmah yang bisa kita ambil dan renungkan. Sang Maha Pencipta telah menciptakan dunia ini sedemikian rupa, pasti ada sebab dan akibat, termasuk ada obat dibalik penyakit. 

Dan bagi orang-orang beriman pasti tahu ada hikmah dibalik wabah atau pandemi. Mari kita renungkan sejenak pelajaran apa saja yang bisa kita petik dan terapkan pada kehidupan sehari-hari.

1. Corona ajarkan manusia untuk tidak sombong.

Kejadian luar biasa ini menyadarkan banyak pemimpin dunia, akan kuasa Allah, sekali berkendak maka Kun (terjadilah). Lihat China yang mengklaim bahwa tidak ada kekuatan apapun yang bisa menggoyahkan China saat sekarang ini.

Semua ada di China, menjadi negara dengan tingkat ekonomi yang kuat, menjadi corong perekonomian dunia. Tapi kala Allah berkehendak maka terjadilah, hanya dengan virus yang bernama Corona sampai ukuran saja harus dilihat lewat mikroskop, kehilangan di China berubah drastis, kesombongan mereka tumbang.

Amerika Serikat sebagai negara adidaya, seolah semua negara harus patuh kepadanya karena kekuatan militer nya yang sungguh luar biasa dan penguasa minyak dunia. 

Semua lumpuh, harga minyak mentah terburuk sepanjang sejarah, kematian manusia akibat Covid-19 terbanyak dalam sehari, sebagai negara dengan penderita terbanyak di dunia. 

Bahkan menurut prediksi Amerika Serikat akan menjadi negara dengan jumlah korban meninggal dunia terbanyak karena virus itu, karena sekarang dari data sudah menunjukkan 200.000 an orang terpapar Corona disana. Dan begitu juga kesombongan negara-negara lainnya.

2. Corona ajarkan manusia untuk mengingat mati

Bahwa semua mahluk hidup diatas bumi ini pasti akan mati, ini adalah nilai pasti. Kematian adalah sahabat paling dekat dengan manusia. Maka mulai sekarang persiapan amal kebaikan sebagai bekal kita di alam akhirat kelak, perbanyak sodaqoh dan selalu berusaha berbuat baik kepada semua mahluk hidup.

3. Corona ajarkan kita untuk hidup bersih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN