Mohon tunggu...
Her Wanto
Her Wanto Mohon Tunggu... asli

FMM

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Madu dan Daun Kelor, Rahasiaku Jaga Kesehatan

23 Maret 2020   06:09 Diperbarui: 23 Maret 2020   07:48 64 5 2 Mohon Tunggu...

Aktivitas penulis sebelum masa pembatasan diri lumayan berat karena harus pulang pergi sejauh 55 km setiap hari, jadi pulang dan berangkat 110 km. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit, setiap hari diperjalanan 3 jam diatas GT 150 CC. Belum lagi kalau harus mobilisasi ke desa otomatis akan menambah jarak dan waktu tempuh yang membutuhkan stamina yang prima.

Tapi itulah kehidupan dan harus dijalani, manusia hanya Ikhtiar dan berdo'a setelah sabar menunggu apa yang sudah digariskan. Sehat, sakit, hidup dan mati Allah sudah tentukan tapi manusia wajib berikhtiar. Agar tubuh penulis bisa tetap sehat dan bugar apalagi aktivitas yang padat dan butuh performance yang cool dan tetap ceria, maka penulis harus mempunyai suplemen tambahan selain makan 3 kali sehari. Yang penulis konsumsi selama ini adalah madu dan daun kelor, yang khasiatnya tidak diragukan lagi.

Madu 

Disemua negara, semua agama dan kepercayaan bicara tentang madu pasti ada. Bahkan dalam Al Qur'an disebut berulangkali, khasiat madu memang luar biasa. Hampir semua pengobatan herbal merekomendasikan minum madu sebagai pelengkapnya. Madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai pengganti gula, meningkatkan kesuburan mengobati panas dalam, mencegah sariawan dan meningkatkan stamina. Begitu banyak khasiat madu, bahkan kita dianjurkan meminumnya setiap hari, itu yang dilakukan oleh penulis demi menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh.

Daun Kelor

Sekarang siapa yang tidak kenal daun kelor, sikecil mungil yang kaya manfaat. Disamping mengandung multivitamin dan dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan pengobatan secara tradisional sangat menganjurkan pemakaian daun kelor, simungil dipercaya bisa mengusir roh-roh jahat dan ditakuti bangsa jin. 

Terlepas dari semua itu khasiatnya untuk kesehatan sangat banyak, kaya vitamin, sebagai anti kanker, anti oksidan. Penulis pernah mengulas tentang khasiat daun kelor di artikel Kelor Kaya Manfaat Yang Kini Jadi Primadona. Agar kita tidak bosan makan daun kelor bisa dikreasikan penyajiannya untuk sayur, bikin kerupuk daun kelor, bikin bergedel dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan yang dikonsumsi penulis untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran, disamping berolahraga yang teratur serta jangan lupa berhubungan badan yang teratur juga sangat baik. 

Herwanto FMM

Eska Unggul Indonesia

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x