Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Citayam Fashion Week Produk Kreativitas dan Inovasi Anak Negeri, Jangan Dibiarkan Liar!

27 Juli 2022   22:09 Diperbarui: 28 Juli 2022   10:10 437
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Citayam Fashion Week adalah buah kreativitas dan inovasi positif, memanfaatkan kendaraan media sosial untuk mencari keuntungan instan, namun menabrak rambu-rambu dan liar. 

(Supartono JW.27072022)

Fenomena Citayam Fashion Week (CFW), untuk sementara memang boleh dikatakan berhasil menggeser opini atau pemikiran publik dari isu-isu panas di negeri ini. 

Persoalan politik jelang 2024, hukum, pendidikan, olahraga, sampai kerusuhan suporter di Liga 1 dan lain sebagainya, kalah riuhnya oleh pemberitaan CFW, sebab media mainstream saja ikut tercebur menyorot CFW yang masih viral ini, meski CFW kegiatan ilegal.

Bangga, sedih, menabrak

Dari pengamatan saya. Membaca dan menyimak perkembangan CFW, ada rasa bangga atas munculnya CFW. Di tengah pendidikan Indonesia yang terus terpuruk yang akhirnya signifikan dengan miskinnya daya imanjinasi, kreativitas, dan inovasi di negeri ini. 

Sehingga bangsa ini identik dengan bangsa pemakai produk asing. Bangsa copypaste  segala macam budaya dan gaya hidup asing, ternyata lahir CFW yang boleh disebut sebagai produk kreatif dan inovatif, tetapi instan.

Di tengah pendidikan yang terus terpuruk, hadirnya media sosial (medsos), yang menawarkan gaya hidup baru kepada manusia untuk menghasilkan rupiah dari keberadaannya, tanpa syarat pendidikan khusus, siapa pun boleh menjadi konten kreator, asal memenuhi persyaratan yang ditentukan, maka si kreator dengan.mudah akan meraih pundi-pundi rupiah.

Tanpa syarat pendidikan, siapa pun dapat menjadi konten kreator baik sebagai youtuber, tiktoker, dan er-er lainnya. CFW adalah salah satu contoh fenomena instan yang juga menjadi viral, sebab CFW menjadi produk kreativitas dan inovasi dalam dunia mode, dunia gaya hidup, tetapi menabrak rambu-rambu.

Kira-kira apa saja yang ditabrak oleh produk kreativitas dan inovasi dari CFW? Lalu, mengapa para pelakunya sampai menabrak rambu-rambu? Berikutnya, secara isi, kira-kira mode atau.gaya hidup ke arah mana yang diusung dalam CFW? 

Apakah benar mewakili Kampung Citayam? Apakah yang berlenggak-lenggok di Duku Atas, mencerminkan Citayam? Budaya dan tradisi Citayam? Wajah Citayam? Apakah warga Citayam terima dan setuju dengan hadirnya CFW?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun