Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Cerdas dan Bijak Menyikapi, Menghormati Keputusan Jordi Amat

30 Juni 2022   00:18 Diperbarui: 30 Juni 2022   00:35 179 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Diusulkan oleh Shin Tae-yong (STy) untuk dinaturalisasi karena dianggap memiliki rapor TIPS yang bagus, Jordi Amat yang berdarah Makasar-Spanyol, belum lagi kemampuannya dapat dibuktikan dan dilihat oleh publik sepak bola nasional, sudah membuat polemik.

Apa tak meminta saran STy?

Lebih dari itu, proses naturalisasi pemain yang pernah membela sejumlah klub ternama Eropa, seperti Swansea City, Rayo Vallecano, hingga Espanyol, juga belum tuntas. Tetapi, sepertinya Jordi tidak meminta masukan atau saran baik kepada STy mau pun ke PSSI, sebelum memutuskan bergabung dengan Klub Malaysia

Akhirnya, berbagai media massa dan media sosial (medsos) di Indonesia ramai memberitakan Jordi Amat yang resmi bergabung dengan Klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) Rabu (29/6/2022).

Dari respon netizen dan pecinta sepak bola Indonesia, baik yang diliput oleh media atau yang diunggah dalam medsos, reaksinya beragam. Sebagian mendukung keputusan Jordi Amat, beberapa lainnya tampak geram karena calon pemain naturalisasi Indonesia itu memilih bermain di negeri tetangga. Malah hanya untuk mengisi kuota pemain Asia Tenggara dan JDT berharap  Paspor WNI Jordi segera selesai.

JDT manfaatkan momentum

JDT pun nampaknya memanfaatkan dua momentum terkait Jordi, tetapi seperti sengaja membuat bening menjadi keruh. Pertama, status Jordi yang dalam kondisi bebas, tidak terikat kontrak dengan Klub mana pun, dijadikan kesempatan JDT merekrut Jordi dengan status bebas transfer.

Kedua, status Jordi yang dalam proses naturalisasi menjadi WNI, dimanfaatkan oleh JDT sebagai kesempatan merekrut Jordi untuk kuota pemain asing dari  Asia Tenggara karena akan berpaspor WNI.

Di media massa, bahkan pihak JDT sangat yakin PSSI dan pemerintah Indonesia akan segera merampungkan proses naturalisasi Jordi demi paspornya dapat menjadi syarat untuk direkrut JDT.

Sikap publik

Hingga artikel ini saya tulis, STy yang berharap Jordi tetap berkarier di Eropa, belum memberikan respon atas keputusannya membela JDT. Sementara, PSSI juga menyerahkan masalah Jordi ke STy. Sebab, STy lah yang meminta Jordi dinaturalisasi demi membantu Timnas. Apakah STy akan mencoret Jordi, artinya naturalisasi dibatalkan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan