Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Selamat Jalan Maradona, Simbol Seniman Sepak Bola Dunia

26 November 2020   08:31 Diperbarui: 26 November 2020   11:48 920 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat Jalan Maradona, Simbol Seniman Sepak Bola Dunia
Grafiti Diego Maradona di Buenos Aires, Argentina. Gambar diambil pada 24 November 2011.(sumber: SHUTTERSTOCK/MEUNIERD via kompas.com)

Setelah sepak bola Indonesia berduka karena kehilangan Legenda Timnas Ricky Yacobi pada Sabtu, 21 November 2020, Argentina pun kini berduka, sebab baru saja kehilangan salah satu putra terbaiknya, Diego Maradona yang meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB. Legenda sepakbola Argentina itu mengembuskan napas terakhir akibat henti jantung di rumahnya.

Sebagai putra terbaik Argentina, kepiawean Maradona di lapangan hijau tak bisa dipungkiri. Pasalnya, dia mampu mengantar Timnas Argentina memenangi Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Dalam perhelatan itu, Maradona mampu mencetak lima gol dan menjadi top skor Argentina. Lebih dari itu, publik dunia yang menjadi saksi mata, tak akab lupa atas sihir Maradona yang mencetak gol indah dengan proses melewati lima pemain dan kiper lawan.

Dalam laga melawan Timnas Inggris itu pun Maradona mendapatkan julukan 'Si Tangan Tuhan' setelah mencetak gol dengan tangan ke gawang Peter Shilton.

Berkat keberadaan Mardona, Argentina mengunci gelar Piala Dunia 1986, dan hingga kini pencapian itu adalah gelar Piala Dunia terakhir yang bisa dimenangi Argentina.

Karenanya,  sebagai bentuk penghormatan terhadap Diego Maradona, pemerintah Argentina menetapkan tiga hari berkabung nasional. Presiden Argentina Alberto Fernandez juga mengunggah foto bersama Maradona dan mengungkapkan bahwa Maradona telah membawa Argentina ke tempat tertinggi di dunia, membuat bahagia. Maradona adalah yang terbaik dari semua. Terima kasih telah hadir dan kami akan merindukanmu di sisa hidup kami.

Simbol seniman sepak bola dunia

Sumber: CNNIndonesia
Sumber: CNNIndonesia
Wafatnya Maradona, memang menjadi kehilangan besar bagi publik Argentina, namun atas piawainya mengolah si kulit bulat di lapangan hijau, Maradona juga milik dunia. 

Maradona adalah simbol seniman sepak bola dunia. Hingga detik ini, bakat, teknik, dan kemampuan Maradona belum ada yang mampu menyamai apalagi melebihi bahkan hingga Maradona pergi untuk selamnya, menjadi legenda seniman sepak bola dunia abadi.

Selama berkarir sebagai seniman sepak bola, karena teknik olah bolanya yang dibawanya sejak lahir mampu menghibur setiap penonton sepak bola baik di dalam stadion maupun di luar stadion di seantero dunia, maka Maradona ibarat artis atau selebritis yang keberadaannya di lapangan akan menjadi sorotan utama penonton yang menanti pertunjukkan Maradona dengan teknik bolanya dengan skill tinggi.

Sepanjang hidupnya, Maradona pernah memperkuat klub-klub top Eropa, seperti Barcelona, Napoli, dan Seviila dan menjadi legenda Boca Juniors, klub raksasa Argentina.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x