Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Travel Movies" yang Menginspirasi Pelancong Dunia

30 Januari 2023   12:01 Diperbarui: 30 Januari 2023   23:20 501
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Reese Witherspoon dalam film "Wild". Sumber: 20th Century Fox/shutter stock /www.theguardian.com

Film-film yang bertabur destinasi wisata terkenal selalu menarik dinikmati. Baik yang memang bertema perjalanan, maupun genre lain yang mengambil lokasi syuting di destinasi wisata. Dan film-film seperti inilah yang sejatinya ikut menginspirasi para pelancong untuk terus berkelana!

Begitulah, situs web perjalanan wisata ternama pun akhirnya ikut membagikan ulasan tentang ini. Earth Trekkers, misalnya, pernah menurunkan artikel menarik berjudul "30 Best Travel Movies to Inspire the Wanderer in You".

Tidak ketinggalan situs web dari majalah perjalanan paling terkenal di dunia, yakni Travel+Leisure, pun ikut menyajikan sebuah ulasan keren bertajuk "34 Movies That Will Make You Want to Get Off the Couch and See the World".

Film-film seperti ini memang sangat inspiratif. Tidak hanya mendorong untuk melakukan perjalanan. Tetapi ikut pula membangkitkan jiwa petualangan di dalam diri setiap pembacanya. Dan selalu muncul di sepanjang waktu. Dari era film epik "Seven Years in Tibet" (1997), hingga film anyar "Ticket to Paradise" (2022).

Beberapa film bertema travel yang sangat terkenal. Sumber: www.roadaffair.com
Beberapa film bertema travel yang sangat terkenal. Sumber: www.roadaffair.com

Batasan "Travel Movies" sendiri sebetulnya sangat longgar. Meskipun kita bisa saja menyebut "Under the Tuscan Sun", contohmya, sebagai film bertema travel. Ataupun drama petualangan seperti "Wild" maupun komedi romantis semisal "The Holiday". 

Bahkan banyak film bergenre action thriller pun bisa saja termasuk dalam kategori ini. Selama film-film itu ikut menginspirasi penontonnya untuk bepergian ke destinasi wisata yang tampil dalam film tersebut. Atau setidaknya mulai sibuk menyusun bucket list mereka. Sebut di antaranya, film seri ala James Bond, Indiana Jones, Tomb Raider, dan lain-lain.

"The Holiday", film komedi romantis yang bertema perjalanan. Sumber: www.imdb.com

Namun demikian, dari begitu banyaknya film-film bertema perjalanan, ada beberapa yang sangat layak ditonton kembali. Tidak cukup sekali. Dan tentu saja, sambil membayangkan ikut melanglang buana ke destinasi-destinasi wisata favorit yang muncul di film-film tersebut.

The Tourist (2010)

Film yang diperankan dua bintang Hollywood ternama itu, yakni Angelina Jolie dan Johnny Deep, pantas menjadi salah satu film travel yang banyak digandrungi pecinta perjalanan. Sebuah film yang secara sempurna memadukan banyak aksi seru dan romansa yang indah di dua kota romantis.

Syuting film, yang dibesut sutradara kondang Florian Henckel von Donnersmarck, berawal di Paris dan berujung di Venezia seakan menegaskan film ini memang film para traveler. Paris dan Venezia adalah dua nama besar di industri pariwisata global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun