Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Ada Pahlawan, Ada Pula Nama Pesohor di Bandara Dunia

5 September 2022   15:44 Diperbarui: 27 September 2022   02:35 444 46 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bandara Sultan Hasanuddin, salah satu bandara yang menggunakan nama pahlawan. Sumber: Shutterstock/M Rinandar Tasya via Kompas.com

Nama bandara internasional di berbagai kota di dunia memang masih didominasi nama para pahlawan di masing-masing negara. Namun, menariknya, selain nama pahlawan, beberapa nama tokoh terkemuka hingga pesohor dari berbagai bidang ikut menghiasi nama bandara-bandara di dunia. Dari dunia film, seni lukis, musik, penjelajah hingga sepak bola.

Bandara utama di kota New York, Amerika Serikat, misalnya, dinamakan sesuai nama Presiden AS ke-35, yakni John F. Kennedy International AirportSementara itu, Ronald Reagen, Presiden AS ke-40, diabadikan sebagai nama bandara di Arlington, Virginia, yakni Ronald Reagen Washington National Airport.

Ronald Reagen Washington National Airport: sumber: www.hlblighting.com
Ronald Reagen Washington National Airport: sumber: www.hlblighting.com

Begitu pula nama bandara utama di Houston- Texas, yakni George Bush Intercontinental Airport. Tidak lain demi mengenang jasa Presiden AS ke-41, George H.W. Bush. George Bush (Senior) memang lama tinggal di wilayah Texas. Membangun perusahaan minyak serta karir politiknya hingga menjadi Wapres dua periode dan kemudian Presiden AS ke-41.

Tidak hanya di Amerika Serikat, di negara-negara lain pun, nama mantan presiden kerap menjadi nama bandara utama di ibu kota negara. Anda mungkin tahu nama bandara nomor satu di kota Paris, Prancis. Persis! Namanya, Paris Charles de Gaulle Airport.

Bandara, yang juga disebut Roissy Airport itu, dinamakan sesuai nama Presiden Prancis, Charles Andre Joseph Marie de Gaulle. Pahlawan Prancis yang ikut membebaskan Prancis dari cengkeraman pasukan Nazi- Jerman ini menjadi Presiden Prancis dari tahun 1959 sampai 1969.

Bandara Charles de Gaulle Paris (CDG). Sumber: Fyodor Borisov / wikimedia
Bandara Charles de Gaulle Paris (CDG). Sumber: Fyodor Borisov / wikimedia
Selain Paris, Prancis, nama mantan presiden pertama Ceko pun akan selamanya dikenang melalui nama bandara utama di kota Praha-Ceko, yaitu Vaclav Havel Airport Prague. Vaclav Havel, yang juga seorang penulis dan dramawan, adalah pemimpin Charta 77, organisasi anti komunisme di Cekoslowakia.

Setelah Revolusi Beludru yang menandai jatuhnya komunisme di negara itu, Havel pun menjadi Presiden Cekoslowakia terakhir sebelum negara ini bubar dan menjadi dua negara, yakni Ceko dan Slovakia. Selanjutnya, Havel menjadi Presiden Republik Ceko pertama dari tahun 1993 hingga 2003. 

Sementara itu, dari kota pelabuhan Gdansk di Polandia, nama Lech Walesa tidak kalah tenar. Nama mantan pemimpin Gerakan Solidaritas yang berhasil meraih hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1983 dan Presiden Polandia (1990-1995) itu pun kini dijadikan nama bandara di Gdansk, yakni Gdansk Lech Walesa Airport.

Gdansk Lech Walesa Airport- Polandia. Sumber: www.traveltricitypoland.com
Gdansk Lech Walesa Airport- Polandia. Sumber: www.traveltricitypoland.com
Di benua Asia pun demikian. Tercatat banyak negara juga memberikan tempat terhormat bagi para pahlawannya sebagai nama bandara internasional di berbagai kota. Seperti misalnya, bandara di Delhi, India, yang diberi nama Indira Gandhi International Airport.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan