Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Di Balik Lagu "Hey Jude", Ayo Move On Julian Lennon!

4 April 2021   17:00 Diperbarui: 5 April 2021   14:10 3249 88 46 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Balik Lagu "Hey Jude", Ayo Move On Julian Lennon!
100 Best Beatles Songs. Sumber: koleksi pribadi

Siapa yang tidak kenal grup band "The Beatles"? Grup musik legendaris asal kota Liverpool ini memang telah bubar sejak tahun 1970. Namun, lagu-lagunya masih selalu terdengar di mana-mana. Dan salah satu lagu ciptaan Paul McCartney yang sangat terkenal, yakni "Hey Jude", ternyata diciptakan khusus untuk Julian Lennon agar bisa segera move on. Pasalnya, Julian tengah patah hati menghadapi kenyataan pahit akibat perceraian Ayah-Ibunya, John Lennon dan Cynthia Powell.

Patah hati memang tidak monopoli pasangan yang putus cinta. Perasaan merana ini juga bisa menimpa siapa saja. Baik di dalam lingkungan pekerjaan, maupun di dalam keluarga yang tidak lagi harmonis. 

Begitu pula yang dihadapi Julian Lennon, anak pasangan John Lennon dan Cynthia Powell, yang saat itu baru berusia lima tahun.

Dalam usia semuda itu, Julian tentunya berharap memiliki keluarga yang bahagia. Namun, nasib berkata lain. John Lennon, sang Ayah yang merupakan pentolan utama The Beatles, justru telah berpaling dari sang isteri, setelah cintanya mulai berlabuh di dalam dekapan seorang wanita asal Jepang bernama Yoko Ono.

John Lennon menikah dengan Cynthia pada tahun 1962 dan akhirnya bercerai enam tahun kemudian di tahun 1968. Perceraian itu memang tidak terelakkan setelah Cynthia memergoki sang suami bermesraan dengan Yoko Ono. 

Dampaknya bukan hanya ke Cynthia. Namun, juga berakibat pada anak mereka satu-satunya, yakni Julian Lennon.

Paul McCartney & Julian Lennon. Sumber: Getty images / www.bbc.com
Paul McCartney & Julian Lennon. Sumber: Getty images / www.bbc.com
Pada situasi seperti itulah, Paul McCartney, yang merasa prihatin dengan Julian yang tengah risau, lalu menciptakan sebuah lagu khusus untuknya. Julian memang cukup dekat dengan McCartney yang sudah dianggap sebagai seorang paman. 

Dia bahkan pernah mengaku lebih dekat dengan McCartney dibandingkan dengan ayahnya sendiri. Hubungan ayah-anak itu memang tidak harmonis.

Lagu "Hey Jude" sejatinya ditujukan untuk menghibur Julian Lennon. Sebagai seorang paman yang baik, McCartney ingin menasehati Julian agar mau menerima kenyataan ini. Meskipun pahit. Semakin cepat sang anak menerima fakta bahwa Ayahnya telah memiliki kekasih yang baru, maka akan semakin cepat dia bisa segera move on.

Paul McCartney adalah seorang pemusik jenius. Bersama John Lennon yang juga sangat fenomenal, keduanya menciptakan hampir semua lagu-lagu The Beatles. Dari sekitar 215 lagu yang pernah dirilis grup band ber-genre rock dan pop ini, 90 lagu di antaranya digubah oleh Paul McCartney. Lalu, 95 lagu oleh John Lennon. Dan sisanya oleh George Harrison dan Ringo Star.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x