Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Berburu Foto Cityscape, dari Jakarta hingga Shanghai

30 Maret 2021   08:48 Diperbarui: 31 Maret 2021   02:06 719 99 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto 1: Kolase foto Cityscape di Jkt & Taipei. Sumber: koleksi pribadi

Langit Jakarta sedang berbinar di sore itu. Di atas atap sebuah gedung jangkung di Jakarta, sekelompok pehobi fotografi terlihat siap dengan kamera yang sudah terpasang di atas tripod masing-masing. Dan ketika kerlip lampu kota ikut menghiasi langit senja dan membuatnya kian memukau, kamera-kamera itu pun bak berebutan menangkap pesona kota itu sebelum kegelapan malam menyelimutinya. 

"Cityscape photography" atau fotografi lingkup perkotaan kini makin populer di kalangan pecinta fotografi. Tidak hanya di Jakarta. Di kota besar lain di Indonesia pun kian banyak peminatnya. Begitupun di berbagai kota terkenal lainnya di seluruh dunia. Cityscape sendiri bisa dikatakan sebagai representasi lanskap urban.

Genre fotografi ini memang sangat menarik. Tidak berbeda jauh dengan fotografi lanskap, kecuali subjek foto yang berubah. Dari lanskap alam menjadi lanskap urban. Hamparan gedung yang menjulang tinggi, gemerlap lampu kota, serta langit senja menawan adalah kombinasi sempurna bagi pecinta fotografi cityscape.

Foto 2: Panorama Jkt dari atap sebuah gedung di Jl. Sudirman. Sumber: koleksi pribadi
Foto 2: Panorama Jkt dari atap sebuah gedung di Jl. Sudirman. Sumber: koleksi pribadi
Namun, fotografi cityscape bukan semata soal deretan gedung tinggi atau rona langit yang menakjubkan. Sebuah foto cityscape juga kerap berbicara tentang relasi manusia dengan lingkungannya. Meskipun, faktor manusia itu tidak harus ada di dalam bingkai foto tersebut. 

Lihatlah foto di atas! Selain panorama senja, foto yang sama juga menyajikan suatu kesibukan lalu lintas menjelang malam.

Michael Freeman, seorang fotografer Inggris terkenal, mengatakan, "As subject, cities in many ways similiar to natural landscape, with the important addition that they reflect human activity."

Di Jakarta sendiri, peminat genre fotografi ini pernah begitu marak. Pada kurun waktu tertentu, hampir setiap minggu selalu saja ada tawaran berburu foto dari atas beberapa gedung tinggi di ibu kota. 

Acara berbayar yang dikelola beberapa komunitas fotografer itu pun selalu disambut meriah. Pasalnya, akses ke atas atap sebuah gedung tentunya tidak mudah tanpa ada izin dari pengelolanya.

Foto 3: Panorama malam dari atas sebuah mall di Jakarta Barat. Sumber: koleksi pribadi
Foto 3: Panorama malam dari atas sebuah mall di Jakarta Barat. Sumber: koleksi pribadi
Berbagai spot menantang tersebar di berbagai sudut ibu kota. Dari puncak sebuah hotel di sekitar bundaran HI hingga di atas atap sebuah gedung di simpang susun Semanggi. 

Tidak itu saja. Kadang beberapa spot berada di lokasi tidak terduga. Misalnya, di tepi Waduk Kebon Melati, di atas sebuah jembatan penyeberangan, atau dari sebuah gedung parkir di Jakarta Pusat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan