Mohon tunggu...
Tonny E. Nubatonis
Tonny E. Nubatonis Mohon Tunggu... Menulis

"Menulis, menulis dan menulis untuk mengabadikan suara hati dan buah pikiran melalui TULISAN". Email : tonnyeliaser@gmail.com_ WA/HP : 082247942122_ Facebook : Tonny E. N

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Solusi Merawat Kendaraan Bekas agar Mesin Tetap Bersih

26 Mei 2019   08:54 Diperbarui: 26 Mei 2019   09:09 0 1 1 Mohon Tunggu...
Solusi Merawat Kendaraan Bekas agar Mesin Tetap Bersih
image Source:otoberita.com

Beraneka ragamnya aktivitas kita sebagai manusia di dunia ini, khususnya ketika akan bepergian ke tempat-tempat tertentu, pastinya harus dengan menempuh jarak yang jauh maupun dekat. hal ini memaksa kita untuk melakukan perjalanan berpindah dari suatu tempat ke tempat lain sesuai dengan tujuannya. 

Misalnya untuk bekerja, menuntut ilmu, bersilaturahmi, berbisnis, dan lain sebagainya membuat kita membutuhkan alat transportasi agar membantu memenuhi kebutuhan kita.

Kendaraan bermesin merupakan alat tansportasi yang sangat krusial dan bermanfaat bagi kebutuhan kita. Kendaraan yang dimaksud meliputi mobil, sepeda motor, kereta api, kapal, pesawat dan lain sebagainya.

Bagi kita yang sering melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor,  tentu sangat menginginkan keamanan, kenyamanan dan ketentraman saat berkendara di jalan agar bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Keamanan, kenyamanan dan ketentraman itu sendiri akan dirasakan salah satunya apabila ketika kendaraan (mobil atau motor) yang dikendarai tersebut bebas dari berbagai gangguan dan kerusakan tertentu. Salah satu bagian paling vital dari kendaraan adalah peran kinerja mesinnya. Apalagi jika kendaraan yang digunakan adalah kendaraan bekas.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sehingga kendaraan yang kita gunakan dijalan tetap aman dan lancar tanpa gangguan adalah dengan menjaga kualitas mesin agar tetap terawat dan terjaga dengan baik. 

Hal tersebut dimulai dari keadaan mesin yang tetap bersih. Sebab, mesin yang kotor akan mempengaruhi performa dan kinerja mesin itu sendiri sehingga tidak akan bekerja dengan baik atau kurang maksimal.

Kendaraan yang telah lama digunakan atau kendaraan bekas memang sangatlah rentan terhadap terjadinya mesin yang kotor. Mesin yang kotor biasanya terlihat dari menumpuknya kerak di dalam mesin.

Biasanya penumpukan kerak sering diidentifikasi berada di ruang bahan bakar. Efek yang sering muncul akibat penumpukan kerak di ruang bahan bakar adalah performa mesin menurun, konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi boros dan sering ngelitik (knocking). Bisa juga ditandai dengan munculnya asap putih dari knalpot.

Penyebab Penumpukan Kerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x