Mohon tunggu...
anthony sadeli
anthony sadeli Mohon Tunggu... -

anthony sadeli

Selanjutnya

Tutup

Money

Sukses dengan Komunikasi Efektif

28 Oktober 2016   23:25 Diperbarui: 28 Oktober 2016   23:38 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah anda ingin memenangkan kompetisi di dalam persaingan pekerja serta perusahaan di zaman yang modern ini? Tentu saja para pekerja dan perusahaan berlomba memenangkan hati para pencari kerja dan pelanggannya, Komunikasi adalah bagian vital bagi setiap kesuksesan seseorang maupun perusahaan .Dimana dengan komunikasi yang baik dan efektif dapat menentukan kesuksesan karier dan masa depan perusahaan anda. Komunikasi yang efektif akan memperkuat hubungan perusahaan dan para pelanggannya serta perusahaan dengan para karyawannya .Terkadang perusahaan sangat sulit mendapatkan karyawan yang dapat menyampaikan infomasi melalui komunikasi yang efektif tanpa berbelit-belit.

Proses Komunikasi memberikan wawasan yang bermanfaat ke semua bentuk komunikasi :

  • Pengirim mempunyai ide
  • Pengirim menyandikan ide menjadi pesar (encoding)
  • Pengirim menghasilkan pesan melalui media penyebar
  • Pengirim menyebarkan pesar melalui saluran tertentu
  • Audiens menerima pesan
  • Audiens mengartikan pesann (decoding)
  • Audiens merespon pesan
  • Audiens mengirimkan umpan balik

            Inti dari komunikasi adalah berbagi – menyediakan data , informasi dan pandangan yang menguntungkan Anda dan orang yang anda ajak berkomunikasi .Manfaat dari komunikasi yang efektif , yaitu :

  • Hubungan bisnis yang lebih kuat
  • Pesan pemasaran persuasive yang lebih jelas
  • Citra professional yang ditunjukan dengan komunikasi yang efektif
  • Pembuatan keputusan yang lebih kuat dan penyelesaian masalah yang lebih cepat
  • Hubungan antara atasan, bawahan dan pelanggan lebih terjalin baik

Terdapat 5 karakterisitik  komunikasi bisnis yang efektif , yaitu :

  • Sediakan informasi yang praktis
  • Dimana informasi yang diberikan tidak berbelit-belit sehingga inti dari informasi yang ingin disampaikan kabur.
  • Berikan fakta bukan kesan yang samar-samar
  • Gunakan kalimat yang jelas , spesifik dan informasi yang jelas ,menyakinkan , akurat dan etis .
  • Tunjukan informasi secara ringkas
  • Klarifikasikan harapan dan tanggung jawab
  • Tuliskan pesan yang menghasilkan respons spesifik dari audiens tertentu
  • Tawarkan argument dan rekomendasi yang menarik dan persuasive
  • Tunjukan manfaat yang tepat bagi para audiens

            Perusahaan-perusahaan saat ini berlomba-lomba mencari para pekerja yang memiliki pengetahuan yang baik tentang suatu hal yang disebut pekerja berpengetahuan( Knowledge workers)yaitu karyawan pada semua level organisasi yang memiliki spesialisasi di bidang pembelian , pemprosesan dan komunikasi informasi.Dengan memiliki pekerja yang berpengetahuaan perusahaan dapat mengetahui keberagaman para karyawannya sehingga dapat menciptakan keunggulan untuk bersaing dengan pesaing.Keberagaman ini dapat membuat perusahaan memiliki karyawan dengan gaya komunikasi yang berbeda-beda sehingga dapat berkomunikasi secara efektif diberbagai kalangan.

            Jika ingin dapat kita ingin berkomunikasi secara yaitu kita harus memperhatikan gangguan-gangguan fisik dengan Berkomunikasi dengan akal sehat dan sopan santun ,jangan berkomunikasi dengan memberikan informasi yang tidak penting, terbukalah  dan tujuan berkomunikasi adalah memberikan informasi ke audiens.

            Gaya pikir seseorang juga adalah factor penting lain dalam memaknai pesan .Jadi jika kita berkomunikasi dengan orang lain sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana pola pikir orang tersebut sehingga tidak menglukai hati lawan bicara dan membuat orang tersebut tersinggung .Bagaimana kita mengetahui gaya berpikir seseorang yaitu dengan mencoba mendalami karakter seseorang agar mengetahui dan respon emosional seseorang yang kita ajak berkomunikasi.

            Jadi untuk memahami tentang bagaimana cara berkomunikasi secara efektif kita harus mengetahui tentang halangan-halangan yang ada dan bagaimana proses komunikasi agar dapat memberikan pesan / informasi ke audiens secara optimal.Kita pun harus mengadopsi pendekatan yang berpusat pada audiens karena apa yang menjadi kebutuhan audiens akan membantu anda memastikan pesan akan tersampaikan sukses atau tidak .Dan jika ingin memberikan respon / umpan balik yang baik harusnya secara kontruktif yakni berfokus pada perbaikan bukan kritik yang bersifat masalah pribadi .

Sumber :Komunikasi Bisnis Pearson jilid 1

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun