Mohon tunggu...
Tomy Himawan
Tomy Himawan Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

pencari jati diri

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Sebelum Ngekos, Pahami Dulu Baik dan Buruknya

11 Desember 2019   00:20 Diperbarui: 11 Desember 2019   01:57 95 3 0 Mohon Tunggu...
Sebelum Ngekos, Pahami Dulu Baik dan Buruknya
dokpri

Seiring dengan perkembangan zaman, maka pendidikan sangatlah penting. Pada saat ini telah banyak dijumpai perguruan -- perguuan tinggi di Indonesia contoh nya di kota -- kota besar misalnya di semarang, Jakarta, bandung, Jogjakarta ataupun daerah lainya. Tentu saja dengan banyak nya kampus kampus atau perguruan tinggi di sebuah daerah tentu saja diimbangi dengan banyaknya kost kostan. 

Contohnya saja di Yogyakarta tempat saya menempuh pendidikan. Di Yogyakarta sendiri banyak sekali jenis jenis kost an, dari jenis kostan muslin, kostan muslimah, kostan cowo biasa, kostan cewe biasanya, atau juga sampai dengan kostan yang bebas. Kaliini saya akan membahas mengenai kost an bebas bukan sebuah masalah atau malah sebuah penyebab masalah?.

Tidak heran jika di kota kota besar misalnya di Yogyakarta untuk menemukan kost -- kost an,  biasanya di pinggir -- pinggir jalan yang ada tulisan "menerima kost" baik itu kost putra atapun putri dan atau juga kost bebas.

Tentu saja banyak sekali factor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih tempat kost, misalnya tentang kebersihan tempat nya, kemudian mahalnya biaya, fasilitasnya, akses ke tempat tempat umum, dan juga yang terpenting adalah mengenai peraturan -- peraturan dalam kost itu sendiri. Kost kost an yang mempunyai aturan yang ketat memiliki dua sudut pandang, bagi anak yang sudut pandang nya positif maka kost kost an dengan aturan yang ketat dapat membuat orang menjadi disiplin atau juga menjadi lebih rajin untuk ibadah, misalnya kost muslim. 

Kebetulan temen saya ada yang tinggal di kost muslim, kost muslim sendiri ketika adzan isya subuh atau juga setiap adzan pasti dibangunin untuk sholat. 

Tapi jika sudut pandangnya negative kost yang aturannya ketat maka kita akan merasa tidak nyaman tinggal di tempat tersebut, merasa terkekang atau yang lainya. Dan juga untuk kost kost an yang aturanya ketat maka akan membuat nyaman orang tua dari orang tersebut, karena orang tua berpendapat dengan kost kost an yang tertib yaitu dengan aturan yang ketat dapat menjaga keamanan dan membuat anak mereka menjadi lebih disiplin.

Sedangkan untuk kost an yang bebas juga terdapat kelebihan dan juga kekurangannya. Misal kelebihan dari kost kost an yang bebas sendiri adalah kita bisa keluar masuk kostan sewaktu waktu, dengan kata lain tanpa ada jam malam atau jam batasannya beda dengan kost kost an yang tidak bebas atau punya jam malam,dengan bebas nya keluar masuk kost sewaktu -- waktu tersebut kita bisa melakukan kegiatan kampus sampai larut malam karena biasanya anak -- anak organisasi banyak yang pulang kuliah sampai malam hari. 

Kemudian untuk orang yang sudah bekerja juga bisa lembur sampai dengan larut malam. Karena banyak juga di jumpai khususnya di jogja sendiri atau bahkan yang saya alami bahwa tidak menutup kemungkinan kita melakukan kegiatan kampus sampai dengan malam hari.

Kemudian dengan kost yang bebas ini kita tidak merasa di kekang misalnya untuk melakukan kegiatan dari peraturan kost nya sendiri. Misalnya di peraturan tidak boleh membawa temen cewe, atau di kamar kost tidak boleh berisik atau tidak boleh membawa binatang peliharaan. 

Tidak menutup kemungkinan juga saat kita dalam keadaan darurat atau melakukan sebuah kegiatan keluarga kita ada yang menginap di kamar kost kita, dengan begitu maka bisa menginap dengen bebas tanpa harus ada larangan atau biaya tamabahan.

Akan tetapi banyak juga efek negative dari kost an yang bebas nih sob.. karena peraturan yang berada di setiap kost akan sangat mempengaruhi kehidupan penghuninya yang ada di dalam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x