Mohon tunggu...
Tommy Setiawan
Tommy Setiawan Mohon Tunggu... Pribadi

Hanya pembaca dan pemerhati. Bukan penulis. Tapi kadang-kadang menuangkan pikiran atau ide atau perasaan yang bergejolak.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Review Menggunakan Hape Lenovo A7000 – Parah Banget!

28 Juli 2015   15:05 Diperbarui: 11 Agustus 2015   20:51 23140 3 5 Mohon Tunggu...

Saya menggunakan hape Android merk Lenovo A7000 yang banyak disebut sebagai hape middle entry terlaris. Apalagi sejak dijual secara eksklusif flash sale di salah satu situs belanja online.

Saya akan mereview secara nyata sesuai pengalaman saya menggunakan Lenovo A7000, bukan atas penilaian dari majalah gadget, bukan pula atas pengalaman orang lain yang kadang-kadang sedikit “lebay”.

Kelebihan Lenovo A7000 adalah sudah mendukung 4G namun hanya di slot 1 SIM Card. Sedangkan di slot 2 hanya mendukung 2G.

Dari segi bodi, cukup lumayan keren, tipis dan enak digenggam. Banyak aksesoris yang dijual. Namun itu hanya luarnya saja. Mari kita melihat ke dalam...

Kelemahannya bukan pada pemakaian atau kinerjanya tapi justru ada di slot SIM Card itu sendiri. Dan inilah yang akhirnya menentukan layak tidaknya Anda membeli dan menggunakan hape Lenovo A7000. 

Hape Lenovo A7000 sangat sensitif dalam penerimaan sinyal. Dibandingkan hape sejenis atau yang di bawahnya, Lenovo A7000 lebih buruk. Bayangkan saja, slot 1 yang 4G dimasukkan kartu XL 4G, sinyalnya malah tidak ada sama sekali, sedangkan kartu yang sama dimasukkan ke hape merk lain, sinyalnya full bar. Benar-benar parah!

Yang lebih menjengkelkan, slot 2 yang hanya 2G, tidak maksimal dalam menangkap sinyal. Kartu SIM sekarang sudah mengadopsi minimal jaringan 3G, ketika dimasukkan ke dalam slot 2, maka yang timbul adalah tanda “E” atau EDGE. Terlebih jika menggunakan hape ini di dalam ruangan, makin parah. Ini ibarat ada aliran air yang deras namun menggunakan pipa ukuran kecil, maka sudah pasti yang keluar dari ujung pipa adalah air dengan aliran yang kecil, tidak menyembur deras. Tidak maksimal.

Buat sekadar membuka akun Facebook atau update status di Twitter misalnya, harus menunggu lama karena muncul “loading” dengan lingkaran yang terus berputar-putar, kadang-kadang malah terputus koneksinya, “No connection.”

Belum lagi, jaringan 4G tidak merata di setiap wilayah. Maka lengkap sudah penderitaan saya menggunakan hape Lenovo A7000.

Saya sudah coba mengganti SIM Card dari beberapa operator, hanya ada satu yang memang penangkapan sinyalnya bagus dan stabil, namun tentu saja dengan tarif yang cukup mahal untuk membeli paket internet tertentu dan boros kuota pula. Kita semua tahu nama operator tersebut.

Benar kata pepatah, ada harga ada rupa. Wajar saja hape Lenovo A7000 dijual seharga di bawah 2 juta untuk ukuran hape 4G, ternyata memang ada bagian yang dikorbankan demi memangkas ongkos produksi dan tentu saja menekan harga jual di tengah gempuran hape-hape sejenis yang memiliki merek lebih terkenal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN