Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus blogger di bacirita.id dan tommi.id

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Pencak Silat yang Tak Kalah Keren dari Wushu

12 Juli 2018   20:04 Diperbarui: 12 Juli 2018   20:17 840 0 0
Pencak Silat yang Tak Kalah Keren dari Wushu
dokpri

Sepanjang Hari ini, saya berkesempatan untuk berkeliling ke Padepokan Pencak Silat dan Pelatnas Bulutangkis. Saya diajak Kementrian Pemuda dan Olahraga untuk melihat Persiapan Asian Games 2018.

Kami berangkat dari Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga di Kawasan Senayan. Tujuan pertama kami adalah Padepokan Pencak Silat di kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

Di padepokan pencak silat, ada acara diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 atau FMB 9. Sekalian kunjungan ke Pelatnas Pencak Silat. Pencak Silat ini, Cabang Olahraga tang dipertandingkan untuk pertama kalinya di Asian Games.

Ada 16 medali emas yang diperebutkan. 10 dari nomor tarung dan 6 dari nomer seni. Nah ini yang menarik perhatian saya. Setelah diskusi FMB 9 selesai, saya melihat para atlet yang sementara bersiap.

Yang sangat menyedot perhatian saya adalah Nomor Seni. Kalau pernah melihat wushu, nomor seni pencak silat ini sangat mirip. Tak kalah keren malahan.

Ada dua orang atlet pencak silat wanita yang memperagakan perterungan dengan menggunakan pedang. Seperti bertarung beneran tapi ini hanya nomor seni saja. Bukan memperebutkan poin.

dokpri
dokpri
Yang tidak kalah keren adalah, ketika tiga atlit baik wanita yang berhijab maupun tiga atlet pria memperagakan jurus-jurus silat. Sangat indah jurusnya yang meliuk-liuk hingga dengan meloncat dan bahkan Salto. Wow banget pokoknya. Mereka kompak sekali memperagakan jurus.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Ada juga atlit pria yang memperagakan jjurus tongkat. Dengan sangat ahli atlet ini bermain tongkat. Tak kalah keren dengan Jet Lee atau film silat Shaolin.

dokpri
dokpri
Sudah pasti para atlet ini mengundang decak kagum saya dan para blogger, vlogger maupun social media influencer. Keren sangat.

Pencak silat ini ternyata tak kalah keren dari wushu atau bela diri lainnya. Saya juga yang berpikir bahwa cuma ada nomor tarung di pencak silat, ternyata salah. Ada nomor seninya. Dan sekali lagi sangat keren.

Yang nggak kalah keren, ketika dipertandingkan nanti di Asian Games 2018, Pencak Silat akan menggunakan bahasa Indonesia. Istilah Tendang Banting Gunting dan lainnya tidak akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Keren kan?