Mohon tunggu...
Thomas Jan Bernadus
Thomas Jan Bernadus Mohon Tunggu... Penulis - A Freelance Blogger

blogger free lance

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dikadalin Biro Jasa untuk Urus Balik Nama Kendaraan Bermotor

6 April 2018   13:06 Diperbarui: 6 April 2018   13:26 22529
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ceritanya ini, saya setahun lalu beli motor bekas. Mau beli motor baru, dana nggak cukup. Nah beli motor bekas ini pun, saya sebenarnya masih kurang uangnya. Dan akhirnya saya "gadai" BPKB untuk menutupi kurangnya.

Setelah gadai BPKB, pajak tahunan kendaraan sepeda motor saya ini mati, alias belum bayar lagi. Karena masih belum atas nama saya dan belum balik nama, akhirnya saya biarkan mati. Pengennya setelah ada uang lagi baru balik nama.

Dan setelah hampir lunas, tinggal tiga bulan lagi, saya kemudian ditawari oleh leasing untuk memperpanjang lewat mereka. Karena BPKB memang ada di mereka. Ya pikir-pikir daripada repot urus, mendingan mereka yang urusin saja.

Awalnya, untuk biaya balik nama kendaraan, mereka meminta uang Rp 1.000.000. Estimasi biaya balik nama plus bayar pajak kendaraan. Saya pun mengiyakan.

STNK saya serahkan begitu juga KTP saya juga ikut diserahkan. Oleh yang bertugas, estimasi akan diberesin kurang lebih dua minggu. Padahal saya tahu, untuk urusan STNK hanya butuh nggak lebih dari satu hari. Karena saya pernah ikut mengurus Balik Nama punya teman saya. Saya mulai mengurus ini dari tanggal 13 Maret.

Setelah seminggu, saya confirm ke leasing. Ternyata belum selesai. Dan yang saya kaget adalah mereka mengatakan estimasi biaya bisa di atas 1.000.000. Bisa sampai 1.500.000. Bilangnya adalah buku BPKB saja sudah 375.000. 

Dipikir saya ini bodoh kali ya? 

Okei, saya hanya mengiyakan saja. Dan setelah dua pekan, tidak ada kabar bahwa STNK sudah beres atau belum. Saya masih diamkan sebenarnya. Tunggu sampai tiga pekan. 

Dan di pekan ketiga, sudah masuk bulan April, urusan Balik Nama Kendaraan saya tidak kunjung beres. Saya sudah emosi sebenarnya. Kok nggak beres-beres. Saya cek lewat samsat online, pajak juga belum dibayarkan! Gila apa! 

Saya pun sempat ngomel di kantor leasing karena ketidak beresan ini. Sumpah saya kesal banget!

Satu atau dua hari saya ngomel, akhirnya saya diberitahu bahwa udah beres. Dan mereka mengirimkan foto kuitansi biaya pengurusan Balik Nama Kendaraan saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun