Tomi Ardiansyah
Tomi Ardiansyah Mahasiswa

Mahasiswa Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB yang menjadi founder situs berita Forester Act! foresteract.com

Selanjutnya

Tutup

Hijau

5 Destinasi Wisata Taman Nasional Terbaik

11 Januari 2018   21:35 Diperbarui: 11 Januari 2018   22:44 1200 0 0
5 Destinasi Wisata Taman Nasional Terbaik
Forester Act

Taman nasional selain sebagai tempat untuk mengkonservasi flora dan fauna yang sangat khas, juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan wisata alam. Sebut saja kegiatan hiking atau lebih dikenal dengan kata nanjak.Hampir gunung-gunung indah yang sering didaki oleh para pendaki gunung pun adalah area yang termasuk ke dalam kawasan taman nasional yang merupakan zona pemanfaatan.

Berikut ini adalah 5 destinasi wisata taman nasional di Indonesia yang harus anda kunjungi karena keindahan dan kekhasan alam yang tiada duanya.

1. Taman Nasional Baluran

Taman nasional ini terletak di ujung timur pulau Jawa. Taman Nasional Baluran seringkali dijuluki sebagai hutan Afrika-nya Indonesia, hal ini karena memang ekosistem dominan di wilayah ini adalah ekosistem savana (padang rumput).

Satwa yang dapat kita temui di sini di antaranya adalah Banteng (Bos javanicus), Babi Hutan, Rusa, dan masih banyak lagi.

Taman nasional ini juga sempat menjadi latar dari video klip penyanyi wanita terbaik tanah air, Raisa.

Tertarik dengan Taman Nasional Baluran? Yuk klik di sini untuk informasi yang lebih lengkap.

2. Taman Nasional Alas Purwo

dokpri
dokpri
Taman Nasional Alas Purwo atau sering disingkat TNAP merupakan taman nasional yang memiliki keindahan pantai yang masih sangat alami. Letak taman nasional ini sama seperti Taman Nasional Baluran, hanya saja letaknya lebih ke selatan dari Taman Nasional Baluran.

Hal yang bisa kita eksplor di taman nasional ini adalah pantai yang masih alami dan hutan yang masih sangat terjaga. Berpetualang di hutan kemudian berjalan-jalan di hutan merupakan kegiatan yang patut dicoba di taman nasional yang dikenal angker ini.

Ingin lebih tahu dengan keangkeran Taman Nasional Alas Purwo? Silakan klik di sini.

3. Taman Nasional Kelimutu

Forester Act
Forester Act
Daya tarik utama dari Taman Nasional Kelimutu adalah adanya danau yang dapat berubah-rubah warnanya. Perjuangan yang cukup berat harus ditempuh agar dapat bertemu dengan danau yang berada di atas gunung ini.

Danau ini sebenarnya adalah sebuah kaldera yang terisi oleh air sehingga terbentuklah danau yang menakjubkan.

Penasaran dengan taman nasional ini segera menuju link berikut, klik di sini.

4. Taman Nasional Gunung Rinjani

TripZilla Indonesia
TripZilla Indonesia
Wisata alam yang paling populer di kawasan taman nasional ini sudah barang tentu adalah kegiatan mendaki gunung. Hal ini karena memang keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani berada di atas Gunung Rinjani, seperti puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Pemandangan di atas puncak gunung ini sangat indah karena di sini anda akan merasakan berdiri di atas awan. Sensasi berdiri di atas puncak gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini akan menjadi pengalaman anda yang tidak terlupakan.

Ingin menjelajahi Taman Nasional Gunung Rinjani? Silakan klik di sini.

5. Taman Nasional Komodo

www.indonesia-tourism.com
www.indonesia-tourism.com
Taman Nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia dan termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Selain anda akan menemukan spesies endemik, komodo, di sini juga anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa, sebut saja salah satunya adalah keindahan alam labuan bajo.

Tertarik dengan taman nasional yang luar biasa ini? Silakan klik di sini.