Mohon tunggu...
TOG INDONESIA
TOG INDONESIA Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

8 Kalimat yang Tidak akan Diucapkan oleh Orang Cerdas

19 September 2018   14:42 Diperbarui: 19 September 2018   14:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
8 Kalimat yang Tidak akan Diucapkan oleh Orang Cerdas
TOG INDONESIA

Sobat TOG, kita sebagai profesional muda, ada beberapa kalimat yang tidak harus kamu ucapkan di dalam lingkungan kerja. Sebab kata-kata ini memiliki kemampuan untuk membuat kesanmu tampak buruk meskipun ucapan ini benar adanya. Parahnya lagi, sekali kata-kata ini terucap kamu tak bisa melakukan apa pun untuk memperbaikinya.

Lisan yang menyebabkan kesalahpahaman sering terjadi karena kita mengatakan suatu hal tanpa mengetahui apakah dapat menyakiti perasaan orang lain atau tidak. Memahami implikasi ini membutuhkan kesadaran sosial, yaitu kemampuan untuk menangkap emosi, pikiran serta perasaan orang lain.

Ini adalah masalah, karena manusia memang rumit. Anda tidak bisa mengerti seseorang sampai anda memfokuskan semua perhatian anda padanya.

Terciptanya kesadaran sosial adalah dengan beberapa penyesuaian sederhana terhadap apa yang anda katakan. Hal ini dapat sangat meningkatkan hubungan anda dengan orang lain.

Berikut ini ada 8 kalimat yang harus  kita waspadai:

1. "Saya tidak bisa "

Kalimat "Saya tidak bisa" adalah sama dengan "Itu bukan salahku". Orang tidak senang mendengar kata ini karena mereka akan berpikir artinya sama dengan "Aku tidak mau".

Mengucapkan saya tidak bisa memberi arti bahwa kamu tidak ingin melakukan apa yang harus dilakukan demi menyelesaikan sebuah pekerjaan. Jika kamu benar-benar tidak dapat menyelesaikan sesuatu karena tidak punya keterampilan yang dibutuhkan, berikan solusi alternatif.

Coba sebutkanlah hal yang bisa kamu lakukan sebagai gantinya. Contohnya daripada berkata "Aku tidak bisa mengerjakan untuk tugas itu" katakan "Saya belum tahu cara untuk melakukan tugas jenis ini, apakah ada seseorang yang bisa mengajari saya sehingga saya bisa menyelesaikannya sendiri di waktu berikutnya?"

2. " Aku benci sekali pekerjaan ini "

Contoh kalimat yang paling tidak ingin didengar oleh siapa pun di tempat kerja adalah seseorang yang mengeluhkan betapa buruk pekerjaannya. Kamu akan dilabeli sebagai orang yang selalu berpikiran negatif dan dicap bisa menurunkan moral tim kerjamu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x