Mohon tunggu...
Tobias Gunas
Tobias Gunas Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

"Cogito Ergo Sum" (Rene Descartes)

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Pilihan

Makna Nomor Urut Capres: Mitos dan Rasionalitas

19 November 2023   17:07 Diperbarui: 19 November 2023   17:09 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Salah satu tahap menjelang Pemilihan Presiden adalah pengambilan nomor urut. Proses ini sudah dilakukan oleh KPU pada selasa 14 November 2023, pukul 21:42. 

Hasil pengundiannya adalah nomor 1 pasangan Capres Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor 2 pasangan Capres Prabowo Subiyanto dan Gibran Raka Buming Raka, dan nomor 3 pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Tidak ada pro dan kontra tentang tiga nomor urut tersebut. Tapi, perbedaan nomor selalu melahirkan spekulasi berdasarkan mitos dan rasionalitas!

Cerita mitos dibalik nomor urut sering kali mencerminkan keyakinan atau superstisi masyarakat terhadap angka-angka tertentu yang dianggap membawa keberuntungan atau malapetaka. 

Beberapa mitos dapat berasal dari budaya atau tradisi tertentu yang diyakini memiliki hubungan dengan dunia supranatural atau kekuatan gaib. 

Contohnya, dalam beberapa budaya, angka tertentu dianggap membawa keberuntungan karena konotasi positif atau hubungannya dengan kejadian-kejadian positif dalam sejarah atau mitologi. 

Sebaliknya, angka lain mungkin dianggap membawa sial karena memiliki hubungan dengan kejadian-kejadian buruk atau kisah-kisah tragis.

Dalam konteks nomor urut pemilihan umum atau Pilpres, mitos seringkali muncul terkait dengan bagaimana nomor urut tersebut diinterpretasikan oleh masyarakat.

Misalnya, nomor urut yang dianggap memiliki makna atau kesan positif dapat mendapatkan dukungan lebih banyak karena masyarakat cenderung memproyeksikan harapan positif pada angka tersebut. 

Di sisi lain, nomor urut yang dianggap memiliki konotasi negatif dapat dihindari atau dianggap kurang beruntung. Mitologi nomor urut juga bisa terkait dengan simbolisme dalam kepercayaan dalam masyarakat tertentu.

Sebagai contoh, dalam kepercayaan feng shui, beberapa angka dianggap membawa keberuntungan, sementara yang lain dianggap membawa ketidakberuntungan berdasarkan konsep energi. Dalam beragam budaya di tanah air, mitos terkait cerita dan makna dibalik angka-angka tertentu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun