Mohon tunggu...
Ramilatunnisa
Ramilatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswi UMY

Klaten

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

4 Etika Kuliah Daring, Adab Lebih Tinggi Daripada Ilmu

16 Maret 2021   13:50 Diperbarui: 16 Maret 2021   19:12 302 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Etika Kuliah Daring, Adab Lebih Tinggi Daripada Ilmu
tidak-ada-yang-lebih-penting-dari-pendidikan-1-6050547c8ede480d9331c492.png

Pandemi merubah segala hal yang ada di dunia ini termasuk sektor pendidikan. Indonesia dituntut untuk melakukan pembaruan terkait sistem pelaksanaan pembelajaran. Sebelum adanya pandemi Covid-19 pembelajaran SD, SMP, SMA dilaksanakan secara 100% Offline dan jenjang perkuliahan pembelajaran dilaksanakan secara 75% offline dan 25% Online. Namun saat ini semuanya berubah, pembelajaran semua jenjang dilaksanakan 100% online melalui aplikasi-aplikasi tatap muka seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dan lain-lain. Beberapa kampus yang sudah melaksanakan kebijakan perkuliahan tatap muka pun saat ini dibalik presentasenya yaitu 25% online dan 75% offline dan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruangan perkuliahan, cek suhu sebelum memasuki area kampus, menjaga jarak, dan membatasi kuota kelas.

Pada saat perkuliahan offline atau tatap muka, mahasiswa harus mematuhi etika dan adab perkuliahan yaitu berpakaian sopan dan rapi, tidak mengenakan kaos oblong dan sendal jepit, tidak menyemir rambut, tidak terlambat masuk kelas, dan sopan santun terhadap dosen. Adab dan etika ini tidak hanya berlaku pada saat perkuliahan offline, ketika kelas online pun tetap harus menjunjung tinggi adab dan etika karena kita dianjurkan untuk mempelajari adab sebelum mempelajari ilmu. Yusuf bin Al Husain berkata, “Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”. kira-kira apa saja etika dan adab dalam perkuliahan online ? berikut uraian singkat beberapa etika yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh mahasiswa

 

1. Berpakaian rapi dan sopan 

Tidak hanya ketika perkuliahan offline saja untuk berpakaian rapi, namun ketika perkuliahan online juga harus berpakaian rapi dan menunjukkan wajah berseri. Walaupun kuliah online membuat mahasiswa sangat malas untuk mandi pagi, setidaknya dengan cuci muka dan memakai kemeja yang rapih sudah cukup untuk menyalakan fitur kamera. 

2. Wajib On Camera dan Tepat Waktu 

Siapa di sini yang suka off camera ? mari dirubah kebiasaan ini. Off camera salah satu etika yang buruk ketika perkuliahan online, hal ini karena menunjukkan kita tidak menghormati dan tidak menghargai dosen. Ketika dosen sudah siap untuk mengajar namun  mahasiswanya belum siap kan sangat menyakitkan. Dengan kita berpakaian rapi dan on camera menunjukkan bahwa sudah siap untuk mengikuti perkuliahan. Dosen juga pastinya lebih memberikan notice ke mahasiswa yang menyalakan camera nya. Perlu diingat bahwa kalian akan mendapatkan nilai plus dari dosen. Ketepatan waktu pada saat mengikuti perkuliahan online juga sangat penting. Ketika mahasiswa dapat tepat waktu maka sudah dipastikan mahasiswa tersebut memiliki manajemen waktu yang baik dan dapat menghargai waktu. hayo di sini siapa yang suka Off Camera dan telat bergabung di platform pembelajaran online ? mulai sekarang dirubah ya kebiasaan yang tidak baik tersebut.

3. Tidak memotong pembicaraan dosen

Sebagai mahasiswa sudah selayaknya mendengarkan dengan seksama yang dijelaskan oleh dosen. Dalam perkuliahan online akan ada waktu dimana mahasiswa menyalakan microphone dan menyampaikan aspirasinya, bahkan ketika dosen memberikan pernyataan yang sekiranya s alah pun sangat tidak disarankan untuk memotong pembicaraan dosen. Sebaiknya memberi masukan dan saran ketika dosen mempersilahkan mahasiswa untuk berbicara. Akan ada waktunya kok untuk berbicara, jadi jangan terburu-buru untuk menyanggah ya.

4. Tidak tidur

Tidur memang sangat menyenangkan apalagi jika diberi mimpi indah, namun tidak disarankan untuk tidur ketika perkuliahan sedang berlangsung. Walaupun kalian bisa saja mematikan kamera untuk tidur tetapi kalian akan rugi karena tidak mendapatkan ilmu dari apa yang dosen sampaikan. Banyak mahasiswa yang ketiduran ketika perkuliahan sedang berlangsung, tetapi jangan sampai sengaja untuk tidur. Bagaimanapun kalian membutuhkan ilmu dari dosen tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN