Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mencintai Bukanlah Berarti Membiarkan

6 November 2023   04:34 Diperbarui: 6 November 2023   06:40 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 

Menegur Tanpa Melukai

Saling menghargai dan saling mengerti, tidak hanya berlaku dalam hubungan persahabatan, tetapi juga dalam hubungan kekeluargaan. Termasuk dalam hubungan dengan pasangan hidup kita.

Mencintai bukanlah berarti terjadi pembiaran. Dalam hal yang dapat membahayakan , perlu ditegur. Sebagai contoh, semua orang sayang pada anak anak mereka. Begitu juga dengan kami berdua Tetapi bila suatu waktu anak kami main panah panahan, walaupun anak panah terbuat dari potongan bambu, maka langsung kami hentikan. Menjelaskan bahwa untuk main panahan yang aman adalah dilapangan. Bukan dalam rumah. Dan untuk sementara mainan panahan kami sita. Dan bila kami kelapangan baru diberikan kembali.

Begitu juga dalam hubungan dengan pasangan hidup

Ada Kalanya, pasangan hidup kita harus diingatkan,bila kita menyaksikan bahwa apa yang dilakukannya, berpotensial membahayakan dirinya. Walaupun mungkin saja, teguran sehalus apapun,tetap saja menghadirkan rasa pahit bagi yang ditegur, karena merasa dihalangi. 

Tapi hal ini mutlak diperlukan, agar suami isteri dapat saling mengingatkan dan saling menjaga.

Hal ini berlaku timbal balik. Intinya adalah mencintai, bukanlah berarti membiarkan orang yang dicintai, berbuat sesuka hatinya. Bilamana diperlukan kita harus berani menegur.

Hanya saja cara menegur janganlah sampai melukai hati pasangan hidup kita.

Sebagai contoh, saya suatu waktu saya mau menaikkan koper keatas lemari. Karena lemari cukup tinggi saya gunakan tangga lipat. Tetapi mungkin karena kurang hati hati saya terpeleset dan pergelangan kaki terkilir. Lumayan sakit dan butuh waktu seminggu menahan sakit walaupun sudah ke massage.

Sambil memeluk saya, isteri saya membisikan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun