Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Serba-Serbi tentang Paspor

7 September 2022   20:57 Diperbarui: 7 September 2022   21:19 225 20 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dulu Paspor Sekaligus Bukti Autentik Perjalanan Kita Keluar Negeri

Paspor tempo dulu, sekaligus merupakan bukti authentik perjalanan kita ke berbagai negara. Lengkap dengan tanggal, bahkan jam keberangkatan. Ada stempel Visa, dilembaran buku Paspor dan setiap kali keluar masuk suatu negara, ada stempel keluar dan masuk. Sehingga dengan demikian, kita tidak perlu lagi mencatat tentang history perjalanan kita. Bila kita lupa,cukup dengan membuka buku paspor lama.maka disana ada bukti tertulis.

Dok pribadi
Dok pribadi

Dok pribadi
Dok pribadi

Tetapi, sisi negatifnya adalah, bila kita sering berpergian dan keluar masuk ke suatu negara,maka lembaran buku paspor kita cepat penuh. Dan bila sudah penuh, walaupun masa berlaku paspor masih berlaku, tetap saja harus diganti dengan yang baru. Karena setidaknya harus ada dua lembaran paspor yang masih kosong. 

Maksudnya belum diisi dengan stempel dari berbagai negara.  Sehingga bagi yang sering berpergian, maka boleh jadi harus bolak balik ke kantor imigrasi untuk mengganti dengan paspor baru, walaupun masa berlaku masih lama lagi.

Dok pribadi
Dok pribadi

Minimal Masa  Berlaku Paspor 6 Bulan Sebelum Tanggal Keberangkatan

Hal yang tampaknya sangat mudah dipahami ini, ternyata cukup banyak orang yang keliru memahaminya. Yakin bahwa dirinya hanya berpergian selama seminggu dan masa berlaku paspor masih ada dua bulan lagi, yakin bahwa ia bisa berangkat. 

Tetapi harus mengalami kekecewaan,karena aturan baku adalah minimal 6 bulan  masa berlaku paspor, baru pemegang paspor tersebut boleh keluar negeri. Tegasya, walaupun hanya sehari mau keluar negeri, tetap saja masa berlaku minimum 6 bulan tidak dapat ditawar tawar,walaupun orang penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan