Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Selain dari Financial dan Time Freedom

13 Juni 2022   19:54 Diperbarui: 13 Juni 2022   19:55 147 17 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 

Hal Yang Tak Kalah Pentingnya Adalah " Zone Freedom"

Setiap orang bekerja keras siang malam selama belasan tahun ,demi untuk dapat meraih kondisi "Financial Freedom " dan "Time Freedom" Yang dapat digambarkan secara sederhana adalah hidup yang bebas dari tekanan. 

Sewaktu hidup masih morat marit, sejak pagi sudah buru buru untuk kekantor atau ketempat pekerjaan. Malam hari ,yang seharusnya merupakan waktu untuk beristirahat,ternyata masih dihantui dengan pikiran :"Besok mau makan apa? Atau besok mau kerjakan apa ,agar tetap dapat bertahan hidup?"  

Hampir tidak ada waktu yang dapat dinikmati dengan santai,karena setiap orang berpacu dalam mengais rezeki ,demi agar dapat bertahau membiayai hidup keluarga.

Setelah Meraih Financial Freedom

Setelah kerja keras dan cermat selama belasan tahun,bersyukur akhirnya impian untuk mencapai Financial Freedom tercapai. Sehingga dapat menikmati hidup layak bersama anak isteri,bahkan sesekali travelling keluar kota,bahkan keluar negeri. 

Tetapi masih harus kerja keras terus,untuk meraih satu tingkat lagi,yakni :"Time Freedom"  .Dalam  kondisi  ini,orang sudah tidak lagi harus berpacu dalam mencari rezeki,karena sudah hidup dalam kecukupan dan tidak lagi dikejar waktu. 

Zone Freedom

Setelah sukses meraih Financial Freedom dan Time Freedom,ada hal yang tak kalah pentingnya adalah meraih kondisi :"Zone Freedom" ,yang dapat dimaknai,merasa aman dan nyaman bergaul dengan siapa saja. 

Baik perbedaan suku ,beda bangsa dan beda budaya,sama sekali tidak menyebabkan kita merasa canggung atau gamang . Saya dan isteri bersyukur,dalam usia menjelang 80 tahun, kami dengan bebas bisa bergaul dengan siapa saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan