Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Makan Bersama di Hari Raya Miliki Makna Mendalam

13 Mei 2022   15:37 Diperbarui: 13 Mei 2022   15:55 546 22 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

ket.foto: diundang makan malam bersama oleh  Ir. H. Bambang Jaka Leksana dan isteri Hj.Susi Sulastri S.H. di Bandung /dokpri.

Makan Tidak Hanya Sekedar Agar Perut Kenyang

Kisah tentang "babuko basamo" yang kami alami selama tinggal di Kampuang Halaman kami di kota Padang tercinta sudah pernah diceritakan. Kenangan yang tak akan pernah kami lupakan seumur hidup,walaupun sesungguhnya,kami berdua tidak ikut puasa dan secara formatl tidak merayakan Idul Fitri. Tetapi  hidup dalam segala keberagaman ,menjadi indah bila sama sama mau membuka diri untuk menjalin hubungan persahabatan .Salah satu cara adalah dengan makan bersama. 

Kalau sekedar makan,orang bisa makan dimana saja dan tidak perlu repot datang berkunjung kerumah kami ,hanya untuk dapat makan sepiring nasi..Tetapi karena acara makan bersama,memiliki makna yang mendalam tentang hidup rukun dan damai dalam segala perbedaan,menjadikan acara makan bersama begitu penting dan berharga. Tidak hanya dalam acara :"babuko basamo" tetapi juga makan bersama dalam kesempatan pasca Lebaran .

aceh-bersam-3-627e18a68d947a664b6edb22.jpg
aceh-bersam-3-627e18a68d947a664b6edb22.jpg

ket.foto.: usai acara makan bersama dengan teman teman di Aceh/dokpri

Memaknai Acara Makan Bersama Rayakan Idul Fitri

Karena merasa dihargai ,maka saya dengan senang hati mengemudikan kendaraan dari Jakarta ke Bandung,didampingi isteri tercinta. Kalau dulu,kami yang sering mengundang kerabat dan sahabat kami untuk makan bersama di rumah kami di Padang,kini giliran kami yang diundang makan malam. Kalau hanya untuk makan kenyang,kami cukup menelpon salah satu restoran yang menjamur di Kemayoran didepan unit Boulevard Mediterania Apartement dimana kami tinggal,maka dalam tempo kurang dari 30 menit,makanan sudah diantarkan ke lantai 27 SW dimana kami tinggal . Tetapi bagi kami,makan bersama dalam merayakan Idul Fitri,memilki makna:

  1. kebersamaan
  2. penghargaan
  3. persahabatan

makan-bersama-keluarga-di-padang-b-3-627e1cdd18ffee6bf313f8a2.jpg
makan-bersama-keluarga-di-padang-b-3-627e1cdd18ffee6bf313f8a2.jpg
makan bersama bersama keluarga dan sahabat di Padang/dokpri

Sesungguhnya ,kami sudah merencanakan untuk pulang kampuang dan dapat mengulangi kembali acara makan bersama,baik dalam acara babuko basamo,maupun makan bersama dalam merayakan Idul Fitri. Tapi karena ada larangan untuk melakukan perjalanan interstate selama covid meradang,maka  kami sudah lebih dari dua tahun tidak berkunjung ke Wollongong,dimana puteri kami tinggal. Karena itu,hingga kini kami masih di New South Wales dan hanya dapat berbagi kenangan makan bersama di hari raya,sebelum pemerintah Australia menerapkan lockdown selama 18 bulan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan