Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tidak Ada Papan Peringatan ataupun Ancaman Hukuman

11 November 2021   10:29 Diperbarui: 11 November 2021   10:37 99 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: Senior Recreation Day Council W.A

Tapi Lokasi Bersih 

Biasanya,dalam setiap ada kegiatan yang menghimpun orang banyak,baik bazar ataupun festival,selalu ada papan peringatan:"Jagalah Kebersihan Bersama" .Buang Sampah Sembarang Tempat Didenda " atau " Awas Copet" Kemarin saat selama 3 jam menjelajahi seluruh lokasi Senior Recretion Day 2021 yang diselenggarakan oleh Council Western Australia dan didukung oleh berbagai instansi,tak tampak ada papan peringatan sejenis. 

Namun sejak kedatangan kami dilokasi,tak tampak ada sampah yang tercecer di rerumpuatan ataupun puntung rokok yang dibuang ditanah,karena memang dipintu masuk sudah ada tulisan "Free Smoke" .

Menurut berbagai media,yang hadir meliputi belasan ribu orang pengunjung ,mereka menari,berlari,makan minum dan berbagai aktrasksi,tapi sungguh menggagumkan tidak ada yang buang sampah dirumputan dan tak terdengar ada yang bertengkar apalagi berantem. Antrian panjang di beberapa stand yang membagikan aneka ragam souvenir ataupun boleh mencicipi masakan secara gratis,tak seorangpun yang tampak saling memotong jalur.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Panitia Professional

Kentara benar bahwa seluruh anggota Panitia yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan tenaga yang profesional. Mereka melayani aneka ragam pengunjung,yang umumnya dari kalangan warga senior. Senyuman dan sapaan :"Hi Good morning,how are you atau What can I do for you Sir?" Merupakan password untuk menyambut tamu yang berkunjung ke stand mereka. Bagi yang mau berhemat dapat berpindah mencicipi masakan dan makanan dari stand ke stand. Tapi kalau mau ice cream dan  Capucinno tentu harus mau merogoh dompet. Bagi yang senang musik ada tenda dimana pengunjung dapat duduk santai menyaksikan  live music.

Bagi yang merasa dirinya masih muda,boleh ikut menari disisi lainnya. Bagi yang senang menikmati makanan,ada restaurant dialam terbuka dan dapat duduk berleha leha disana,sambil menikmati aneka ragam makanan.Tapi tentu tidak gratis.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Warga Peduli Kebersihan Lingkungan

Yang paling berkesan adalah betapa tingginya rasa peduli para pengunjung terhadap kebersihan lingkungan. Bila kertas tissu yang digunakan diterbangkan angin dan jatuh direrumputan,maka mereka akan berdiri dan mengambilnya,untuk dimasukan kedalam tong sampah. Walaupun tidak ada papan peringatan,tapi acara berlangsung aman ,damai dan bersih .

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Semoga kelak di negeri kita,kepedulian terhadap kebersihan lingkungan juga akan mendarah daging,sehingga tidak perlu lagi papan ancaman hukuman bagi pembuang sampah sembarangan And last but not least.tidak ada preman dan copet.

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan