Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ternyata Ada Saingan Kisah Romeo dan Juliet

15 Oktober 2021   20:54 Diperbarui: 16 Oktober 2021   05:34 183 26 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Ternyata Berhubungan Dengan Bunga Tulip

Selama ini sejak masih sekolah ,satu satunya kisah cinta yang berakhir tragis adalah kisah Romeo & Juliet. Kalau kisah  cinta Siti Nurbaya,hanya dikenal didalam negeri saja,namun kisah cinta Romeo & Juliet ini dapat dikatakan sudah mendunia. Dan tanpa perlu sibuk mencari referensi,hampir semua orang tahu ringkasan kisah cinta kedua remaja ini. Tragedi kisah cinta klasik Romeo dan Juliet pertama kali diterbitkan pada tahun 1595. 

Cerita ini ditulis oleh William Shakespeare, yang mengisahkan tentang dua orang manusia yang saling mencintai satu sama lain, namun tak bisa bersatu karena kedua keluarga yang saling bermusuhan. Karena menghadapi jalan buntu ,maka  Romeo dan Juliet, akhirnya memilih jalan  mengakhiri hidup masing-masing daripada harus hidup berpisah.

Rupanya kisah cinta yang berakhir tragis ini ,begitu meresap kedalam jutaan muda mudi,sehingga mereka mati matian,berusaha untuk berkunjung ke Italia,dimana menurut kisah,terdapat rumah yang dulu pernah didiami oleh Juliet .

Ada Kisah Yang Mirip Dengan Kisah Romeo & Juliet

Saya baru tahu hari ini ada kisah rahasia yang berada dalam indahnya bunga Tulip. Selama ini setahu saya bunga Tulip adalah ikon dari Belanda . Kalau menyaksikan Kalender atau film tentang negeri Belanda,maka hampir pasti akan dipertontonkan tanaman tulip yang lagi mekar dengan aneka warna.

Baru  hari ini saya baca bahwa ada kisah tersembunyi dalam bunga tulip ini ,yakni kisah cinta yang juga berakhir tragis  Dalam kisah versi legenda Turki ini,dikisahkan bahwa Farhad ,seorang pemuda yang profesinya tukang batu,jatuh cinta pada Shirin  yang adalah puteri dari seorang raja. 

Awalnya cintanya ditolak ,tapi keahliannya memainkan alat musik ,ia mampu membuka hati puteri raja dan akhirnya jatuh cinta kepadanya . Tentu saja ayahnya yang adalah seorang raja tidak setuju puterinya  jatuh cinta dengan seorang Tukang Batu .Dan cara untuk mencegah puterinya jatuh cinta kepada Pemuda yang adalah rakyat biasa,maka Raja menugaskan Farhad untuk menggali kanal raksasa untuk membuktikan cintanya

Untuk membuktikan ketulusan cintanya,maka Farhad bekerja mati matian,memenuhi persyaratan dari raja. Dan akhirnya Kanal tersebut hampir rampung.  Raja menjadi cemas,maka ia menggunakan cara licik,yakni menyuruh salah seorang bawahnya untuk memberi tahu Farhad,bahwa Shirin sudah meninggal dunia .Mendengar hal ini,maka Farhad sangat sedih dan putus asa,sehingga mengakhiri hidupnya sendiri

Begitu Sherin mendapat kabar bahwa kekasihnya bunuh diri,maka ia juga tidak ingin hidup lebih lama lagi dan juga mengakhiri hidupnya.Dan ditanah dimana darah mereka tertumpah,disana tumbuhlah tanaman yang dinamakan Tulip. 

Tidak Menjadi Viral

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan