Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Berkebun Merupakan Olahraga yang Jauh Lebih Efektif Ketimbang Olahraga Lain

4 Oktober 2021   18:50 Diperbarui: 5 Oktober 2021   05:56 134 12 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ket foto: Bersama anak mantu dan tetangga / Dokumentasi pribadi

Kesempatan Menghirup Udara Bebas dan Tidak Terkurung Dalam Satu Ruangan

Setiap orang berhak secara penuh untuk menentukan cara untuk merawat kesehatan dirinya . Bagi yang punya duit berkecukupan,mungkin memilih Fitness atau Gymnastic ,dengan berbagai alasan pribadi. Apapun alasan orang,tentu kita sama sekali tidak berhak untuk merecoki urusan orang lain  Begitu juga bagi yang kondisi keuangan pas pasan,mungkin memilih jalan pagi atau senam dihalaman rumah. Karena cara ini,jauh lebih efektif  dan sekaligus efisien ,

Dibandingkan dengan memilih ke Fitness . Karena untuk dapat izin menggunakan sarana di Fitness,tentu harus tergabung sebagai anggota  Dan ada iuran anggota yang tidak murah,tergantung kondisi ruang dan sarana yang disediakan Untuk ke Fitness ada aturan yang harus ditaati . Serta secara otomatis ,setiap anggota harus menyesuaikan cara berpakaian  yang rapi dan sepatu yang mantap. 

img-20211004-wa0026-615b867006310e21075860d2.jpg
img-20211004-wa0026-615b867006310e21075860d2.jpg
Olahraga Dialam Terbuka 

Saya pernah baca di Perpustakaan ,tentang sebuah buku yang berjudul:"Return To Nature" ,yang intinya menjelaskan bahwa olahraga di alam terbuka ,jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan  jenis olahraga manapun. Bahkan dikatakan,bahwa main main diudara terbuka,jauh lebih bermanfaat dibandingkan olahraga di gymnastic. 

Syarat utama untuk merawat kesehatan adalah menghirup udara segar ,yang tidak akan diperoleh dalam ruangan tertutup .Selain dari kesempatan bagi paru paru menghirup udara segar,sekaligus merupakan theraphy alami bagi pikiran ,agar terhindar dari stress akibat banyaknya tekanan dan masasalah kehidupan.  karena itu  dalam kegiatan berkebun,semua syarat untuk merawat kesehatan lahir dan batin ,sudah terpenuhi. 

Yakni menghirup udara segar dan gerak badan,yang diaplikasikan dalam bentuk berkebun ,menyiram tananam,merapikan kebun dan sebagainya.  Bahkan dikatakan ,bahwa:" Even games in the open air are much better than gymnastics." (Walt F.J. Goodridge). Dalam hal ini,tentu tidak ada maksud untuk melakukan aksi "cancell gymnastic" melainkan semata mata dari sudut manfaatnya.

Berada dialam terbuka ,memberikan kita manfaat ganda,antara lain:

  • menghirup udara segar 
  • menjauhkan diri dari stress 
  • kesempatan terbaik merawat hubungan dengan tetangga  dan keluarga
  • menghadirkan kegembiraan,menyaksikan tanaman mulai tumbuh dan menghijau
  • kesempatan belajar tentang pernak pernik tanaman 
  • melatih seluruh otot tubuh ,secara alami 
  • dan seterusnya

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kami sejak masih tinggal di kota Padang ,sudah menerapkan hal ini. Karena itu ,sewaktu membangun rumah di Wisma Indah,kaami khusus membeli dua kapling  tanah. Satu kapling untuk bangunan rumah dan satu kapling lagi untuk berkebun . 

Kami tidak pernah bersentuhan dengan Fitness,karena setiap pagi dan sore kami asyik berkebun. Hasilnya, pekarangan rumah kami mendapatkan Sertifikat Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup pada waktu itu Prof. Emil Salim, sebagai pekarangan terbersih dan terindah kategori nasional 

Dan kini ada kesempatan untuk ikut berkebun, tentu saja kami tidak melewatkan kesempatan ini,walaupun hanya sebagai "mandor angin" yang cuma mengerjakan yang ringan ringan saja  . Berada dialam terbuka bersama anak mantu dan tetangga,sungguh menghadirkan kegembiraan dalam hati kami. 

Tjiptadinata Effendi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan