Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ternyata Berkebun Tidak Semudah Diperkirakan

22 September 2021   23:00 Diperbarui: 23 September 2021   17:51 242 34 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ternyata Berkebun Tidak Semudah Diperkirakan
Ket foto: kami berdua bersama Irmansyah Effendi dan Luci serta Lyon/dokpri

Yang Tampaknya Mudah Ternyata Tidak Selalu Seperti yang Dibayangkan.

Kami sekeluarga hobi berkebun sejak masih tinggal di kota Padang. Baik berkebun buahan,maupun menanam tatanaman indah. Sebagai buktinya,kami pernah mendapatkan Piagam Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup Profesor Emil Salim ,karena pekarangan rumah kami dinilai sebagai yang terindah dan terapi. Hobi berkebun ini ,kami lanjutkan hingga tinggal di Australia,tapi karena tanah disini terdiri atas pasir,maka berkebun di Australia,jauh lebih rumit ketimbang berkebun di Indonesia. 

Sebagai ilustrasi ,kalau ada lagu yang liriknya berbunyi :"Tongkat kayu jadi tanaman " ,maka disini yang terjadi kebalikannya Yakni tanaman ,bila tidak disirami setiap hari,akan berubah jadi tongkat kayu,saking panasnya hari.

Irmansyah Effendi dan isteri Luci/dokpri
Irmansyah Effendi dan isteri Luci/dokpri
Dokumentasi pribadi 

Kami rencana mau menanam pohon Blueberry.  Maka agar semangat  kami ramai ramai mengerjakannya 

Disamping saya dan isteri,ada Irmansyah dan Lucy ,serta tetangga kami Lyon dan  Lala . Dengan membawa kelengkapan  untuk berkebun dan sekaligus beberapa tanaman Blueberry yang sudah mulai tumbuh dalam pot. 

Karena sudah puluhan tahun tidak pernah lagi pegang cangkul,yakni sejak pindah ke Jakarta.maka mencangkul beberapa kali saja,nafas sudah mulai ngos ngosan. 

Bahkan mencabuti rerumputan bersama akarnya,ternyata cukup menguras tenaga. Baru sadar,bahwa semangat boleh tinggi,tapi tenaga sudah tidak seperti dulu lagi.

Akhirnya saya dan isteri jadi "mandor angin" yakni hanya membantu ala kadarnya ,sedangkan yang kerja mencangkul tanah adalah Irmansyah dan Lyon dan dibantu oleh Luci mantu kami. Sementara itu Lala ,mengemudikan kendaraan untuk membeli peralatan 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Memanfaatkan Plastik Hitam 

Setelah usai mencangkul,maka tanaman yang kami bawa dari rumah,mulai ditanami. Dan agar rerumputan yang sudah dicangkul tidak tumbuh lagi,maka tanah ditutupi dengan plastik hitam yang memang sudah disiapkan oleh putra kami Irmansyah . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan