Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Royalti Penulis Buku Dipotong 15 Persen PPh

14 September 2021   20:53 Diperbarui: 14 September 2021   20:58 176 21 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Silakan Dibaca Datanya 

Penulis di Kompasiana,dapat menerima K Reward,tanpa ada pemotongan Pajak Penghasilan atau disingkat PPh .Silakan diperhatikan setiap pengumuman nama nama Penerima K Reward,tidak ada catatan :"dipotong PPh" .

Baik yang mendapat k Reward dalam jumlah 50 ribuan rupiah,maupun yang menerima jutaan rupiah. Saya tidak tahu,apakah pajak ditanggung oleh Kompasiana

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Penulis Buku Wajib Bayar Pajak Penghasilan 

Dalam Surat Perjanjian Kerja sama antara  saya sebagai Penulis dengan PT Elekmedia Komputindo di Jakarta, sudah tercantum bahwa setiap Royalty yang diterima oleh Penulis setiap 6 bulan,akan langsung dipotong dengan Pajak Penghasilan (PPh). 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Bila 1 Tahun Tidak Dicetak Ulang Maka Hak Cipta Kembali kepada Penulis

Dari total 10 judul buku karya tulis saya yang diterbitkan oleh Elekmedia Komputindo,yang merupakan Grup dari Gramedia ,mengalami cetak ulang dari 9 kali hingga 15 kali. 

Maksudnya,yang paling sedikit dicetak ulang 9 kali dan yang terbanyak adalah 15 kali. Pada saat buku saya mengalami masa keemasannya, setiap enam bulan ,saya menerima puluhan juta rupiah dari total ke 10 judul buku karya tulis saya . Karena buku karya tulis saya dinyatakan sebagai:"National Best Seller"

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Tapi dalam hidup ini selalu ada pasang surutnya  Begitu juga dengan buku karya tulis saya,karena belakangan sejak tahun 2008 ada banyak buku buku sejenis diterbitkan oleh beragam pernerbit,maka penjualan buku saya mulai menyurut .Sehingga total royalty yang biasanya puluhan juta rupiah saya terima setiap enam bulan,menyusut hingga hanya sekitar 10 juta rupiah saja, 

Sejak saat itu,seluruh buku karya tulis saya tidak lagi dieetak ulang  dan setelah satu tahun tidak mengalami cetak ulang,maka sesuai perjanjian kerja sama ,hak cipta buku kembali kepada Penulis. 

Jadi dalam arti kata,blla saya  mau mencetak ulang dipernerbit lain,tidak menjadi masalah,karena secara hukum,hak cipta sudah kembali ketangan saya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan