Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

SIM Diantarkan ke Rumah bagi Warga Senior

24 Agustus 2021   18:58 Diperbarui: 24 Agustus 2021   19:42 127 28 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
SIM Diantarkan ke Rumah bagi Warga Senior
Dokumentasi pribadi 

Kalau Tidak Jujur,SIM Dibatalkan dan Denda 500 Dollar

Sejak saya berulang tahun ke 75, maka perpanjangan Driver License yang dulu boleh untuk tenggang waktu 5 tahun mengalami perubahan total yakni hanya boleh selama satu tahun.  

Bulan lalu saya dapat surat dari Kantor Departement of Transport, awalnya saya agak kaget dan terpikirkan "Aduh, jangan jangan Surat Tilang" Karena saya sudah beberapa kali mendapatkan Surat Tilang, yakni yang pertama sewaktu saya dan isteri travelling ke Darwin dan Alice spring, agar tidak terlalu banyak mengeluarkan dana untuk taksi maka jalan terbaik adalah menyewa kendaraan selama berada disana. 

Sewaktu kami keluar kota untuk menuju ke lokasi destinasi wisata, jalanan sepi  sehingga kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Dan sewaktu memasukki kota seharusnya laku kendaraan saya kurangi karena ada rambu rambu Maksimum 80 Km/perjam, tetapi kendaraan melaju dengan kecepatan 90 km perjam. 

Akibatnya, saya mendapatkan kiriman Surat Tilang. Karena itu,setiap kali ada surat dari Departement of Transport  kening saya agak berkerut karena kuatir jangan jangan saya mendapat Surat Tilang lagi. 

Syukurlah ternyata hanya surat pemberitahuan bahwa SIM saya sudah hampir habis masa berlakunya. Dan bila saya masih ingin memperpanjangnya cukup mengisi formulir dan mengirimkannya kembali ke Pengirim, tanpa perlu biaya . 

Hari Ini Terima SIM 

Hari ini begitu tiba dirumah sudah ada sepucuk surat dari Government of Western Australia Departement Transport yang isinya adalah Driver Lisence yang berlaku untuk jangka waktu satu tahun. 

Dengan catatan, bila entah karena apa kondisi kesehatan  mengalami perubahaan sehingga tidak dapat mengemudikan dengan baik, maka wajib melaporkan keinstansi terkait.  

Bila didiamkan dan tidak dilapor, bila kedapatan kesehatan tidak mendukung dan dapat membahayakan pengguna jalan raya lainnya,maka akan di denda 500 dolar dan SIM akan dicabut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan