Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mau Tahu Cara Warga Senior Perpanjang SIM?

6 Agustus 2021   09:13 Diperbarui: 6 Agustus 2021   15:18 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inilah Caranya

Seperti sudah pernah saya tuliskan, untuk mendapatkan Driver Lisence di Australia sangat sulit karena harus melalui test yang rumit, yakni test teori dan driving test. Sehingga ada orang Indonesia yang sudah 8 kali ikut test, tapi belum lulus. Yang ditest bukan hanya kemampuan calon Pengemudi, tapi juga kendaraan yang akan digunakan. Bila ban sudah licin dan dianggap illegal dan tidak layak jalan, maka belum ujian sudah dinyatakan "fail" atau gagal. Begitu juga bila ada salah satu komponen mobil yang tidak bekerja sebagaimana seharusnya.

Saya bersyukur, pada waktu ikuti test teori yang terdiri dari 45 soal, kesalahan saya "Zero" atau tanpa salah karena itu saya langsung dinyatakan lulus jangan kira hal ini karena saya pintar, tapi saya berlatih dua bulan penuh setiap hari untuk menjawab semua pertanyaan yang ada. Setelah berulang kali, saya dapat menjawab tanpa satupun kesalahan, maka saya baru ikut ujian.Begitu juga isteri saya lulus dengan catatan satu kesalahan.

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Driving Test

Setelah mengikuti Driving Test, maka saya menunggu sekitar 15 menit di kantor RTA -Road Traffic Authority yang kini alih nama menjadi RMS - Road Maritime Service dan dinyatakan "Lulus", Saya boleh memilih, mau bayar satu tahun atau sekaligus 3 tahun. Maka saya memilih membayar sekaligus 3 tahun,

Belakangan sejak usia sudah lewati angka 75 tahun, maka Driver Lisence saya hanya diperpanjang selama satu tahun dengan tidak lagi dipungut bayaran, Saya wajib menjalani total medical check up di Shenton Medical Centre. Dan bersyukur kepada Tuhan, saya dinyatakan lulus test kesehatan 

SIM sudah hampir habis masa berlaku/dokumentasi pribadi
SIM sudah hampir habis masa berlaku/dokumentasi pribadi

Bulan September Driver Lisence Habis Masa Berlaku

Bulan September mendatang, Driver Lisence saya habis masa berlakunya. Pagi ini datang surat dari pos yang memberitahukan bahwa saya tidak perlu untuk melakukan test kesehatan untuk tahun ini, tapi tahun mendatang wajib menjalani total medical check up lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun