Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Seorang Reiki Master Secara Moral Bertugas Seumur Hidup

5 Juli 2021   19:55 Diperbarui: 5 Juli 2021   20:32 157 13 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seorang Reiki Master Secara Moral Bertugas Seumur Hidup
dokumentasi pribadi

Boleh Pensiun Mengajar Tapi Tetap "On Duty" Dalam Membantu Orang

Reiki Master disini bukanlah gelar akademis melainkan suatu tradisi dalam tekhnik terapi  diri dengan memanfaatkan energi alam dengan menggunakan tekhik Reiki. 

Untuk mencapai tingkat Reiki Master ini, orang harus melewati jenjang pelajaran sebagai Praktisi Reiki tingkat dasar dan tingkat lanjutan serta sudah mempraktikannya Setelah itu ada tingkatan Personal Master sebagai langkah awal mempersiapkan diri bila ingin melangkah ke jenjang Reiki Master. 

Kata " Reiki Master" disini bermakna tunggal, yakni "Guru yang mengajarkan tekhnik Reiki" yang tidak hanya dituntut pengetahuan yang mumpuni tentang tekhinik Reiki, tapi juga dituntut prilaku yang selaras dengan sebutan "Reiki Master"

Bagi yang ingin membuka Praktik dirumahnya harus mengajukan Surat Permohonan kepada Dinas Kesehatan setempat dengan berbekalkan Surat Referensi dari Institusi dimana ia belajar Reiki. 

Bila semua kelengkapan sudah sesuai aturan ,maka di terbitkanlah Surat Tanda Terdafar sebagai  Pengobat Tradisional dan sudah boleh membuka praktik sebagai Yankestrad  - Layanan Kesehatan Tradisional 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Sebutan Grand Master Reiki

Sebagai Pendiri yayasan dan sekaligus sebagai Ketua Asosiasi Reiki Seluruh Indonesia yang kemudian diganti dengan nama Perkumpulan Reiki Indonesia sesuai arahan dari Departemen Kesehatan RI, saya mendapatkan sebutan kehormatan sebagai Grand Master Reiki. 

Gelar ini hanya merupakan sebutan kehormatan, bukan merupakan gelar akademisi. Sebutan ini disematkan kepada saya karena saya sudah melantik puluhan Reiki Master yang tersebar diseluruh nusantara 

Sudah Pensiun Total 

Sejak menetap di Australia, secara formal saya sudah pensiun dari seluruh tugas mengajar reiki. Tapi secara moral saya tetap melayani setiap orang yang pernah belajar reiki kapan saja mereka membutuhkan bantuan terapi jarak jauh yang lazim disebutkan sebagai "distance healing" tanpa menerima imbalan apapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN