Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Pentingnya Merawat Self Motivation

6 Juni 2021   19:59 Diperbarui: 6 Juni 2021   21:53 105 22 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Merawat Self Motivation
Ilustrasi : mediaindonesia.com

Karena Tidak Selalu Ada Orang Yang Sempat Memotivasi Kita

Secara umum,bukan hanya anak anak dan kakek nenek yang membutuhkan motivasi dari orang lain,tapi kalau kita mau jujur,hampir semua orang dalam hati kecilnya, berharap akan  mendapatkan dorongan semangat dari orang lain. Entah itu salah seorang anggota keluarga atau boleh jadi teman teman sesama hobi atau berada di komunitas yang sama. 

Rasa harga diri di dongkrak kembali.bila ada yang memberikan semangat kepada kita dalam bentuk pujian ataupun berupa sebuah nasihat  Misalnya bila ikut lari maraton dipertigaan jalan,rasanya sudah mau menyerah dan tidak akan melanjutkan lagi perjalanan Tapi bila ada dari antara penonton yang berteriak:"Jangan menyerah pak, jalan terus ,jangan  sampai tidak  mencapai finish" Mendengarkan teriakan ini, semangat kita kembali terbangun dan mulai melanjutkan perjalanan . 

Mengapa Lagu Mars Diputar Sewaktu Tentara Sedang Baris Berbaris?

Karena bunyi musik dan lagu lagu mars,menghadirkan sermangat ,agar tentara tetap berbaris,walaupun sudah terasa lelah. Terkaang di samping musik juga ada bunyi genderang,yang semuanya bermuara pada satu tujuan,yakni menjadi motivasi bagi para perajurit yang sedang latihan baris berbaris.Tapi hal ini hanya ada pada saat latihan. Pada saat menghadapi perang atau dalam pertempuran mempertahankan negara dan bangsa Indonesia,para Perajurit tidak menggantungkan harapannya pada bunyi musik dan genderang,karena mereka memilii self motivtion

C0ntoh Aktual

Seorang Pedagang keliling ,menjajakan barang dagangannya dengan mengunjungi daerah perumahan .Tidak ada orang yang mau membuang waktu untuk memotivasi agar mereka mau berjalan hilir mudik setiap hari dalam menjajakan barang daganganya,karena mereka memiliki :"Self motivation" yakni kesadaran diti,bahwa bilamana ia berhenti dan tidak lagi menjajakan barang dagangannya,maka konsekuensi logisnya adalah tidak bisa membiayai anak isteri.

Hal inilah yang menjadi motivasi dalam dirinya,karena sadar bahwa apa yang dikerjakannya saat ini bukan untuk siapa siapa,melainkan demi untuk dapat membiayai kehidupan keluarganya. Sehingga hal ini menjadi faktor keberuntungan bagi dirinya,Tanpa didukung oleh bunyi genderang dan musik lagu mars, ia harus mampu menghadirkan self motivation dalam dirinya sendiri 

Tjiptadinata Effendi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x