Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Nikah Cina Buta

29 April 2021   18:30 Diperbarui: 29 April 2021   18:38 481 29 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikah Cina Buta
ilustrasi: https://www.istockphoto.com/photos/chinese-wedding

Ternyata Memang Ada Ya ?

Masih menyambung kisah tentang dosen saya yang sering bercanda . Kali ini candanya tentang :"Nikah Cina Buta"  Dulu di Kampung Halaman saya lagi populer candaan tentang Nikah Cina Buta . Entah benar terjadi ataukah rekayasa dari yang menceritakan,saya sungguh tidak tahu.Tapi karena ceritanya hanya sebatas candaan,saya kira tidak masalah saya tuliskan disini.  Seperti kita ketahui, "orang Cina totok" yang tinggal di Indonesia,walaupun sudah beranak pinak,tetap saja tidak bisa menyebut huruf :"R" .Walaupun hanya satu huruf saja,tapi sudah banyak timbul korban,yakni orang berantem ,karena mendengarkan kalimat :"Lugilah " Yang seakan akan memaki orang dihadapannya dengan kata kata :"Lu Gila" Padahal maksud sesungguhnya adalah pernyataan,bahwa kalau ditawar dengan harga segitu,maka ia akan mengalami kerugian. Tapi karena memang tidak mampu mengucapkan huruf R,maka yang keluar dari mulutnya adalah kalimat yang kedengarannya :"Lu gila !" walaupun maksud sesungguhnya adalah :"Rugi lah". 

Lu Olang Calak Culuk ,Kog Bilang Cina yang Buta?

Konon menurut yang empunya cerita, pria yang merupakan seorang Cina Totok, komplain pada  tetangganya yang melakukan Nikah Cina Buta. Sambil mengomel si Ncek mengatakan:" Owe mau tanya ,Lu olang yang calak culuk ,kog bilang Cina yang buta? Emangnya lu mau nikah sama olang Cina yang buta?"  Maksudnya ingin mengatakan :"Anda yang talak dan surut ,mengapa  pula Cina yang dibilang buta ? Memangnya ada yang mau menikah dengan orang Cina yang buta?"

Nah,inilah yang dibahas dosen saya,yang memang hobby bercanda. Katanya ,sebenarnya," Nikah Cina Buta " bukan olok olokan dan juga bukan mendiskreditkan orang Cina. Bahkan ada nama permainan yang memang secara resmi menyebutkan :"Lu Lu Cina Buta " yang merupakan permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak Tembilahan, Indera Hilir- Riau. Kata "Cina Buta" ini berawal dari cerita seorang Tionghoa yang mau menikahi sementara perempuan Islam yang bercerai dengan talak tiga. Dalam Islam, perempuan yang telah dicerai dengan talak tiga tidak dapat rujuk kembali dengan suami terdahulu sebelum menikah dengan laki-laki lain. Nikah Cina Buta ini merupakan batu loncatan agar dapat kembali menjadi suami isteri dengan pasangan yang lama.

Ini Cerita 50 Tahun Lalu

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam tulisan sebelumnya,kisah ini saya dengarkan sewaktu saya masih kuliah,kini saya sudah jadi Engkongco ,jadi berarti sudah lebih dari setengah abad lalu Apakah hingga kini masih ada Nikah Cina Buta atau tidak? Sejujurnya saya tidak tahu. Dan apakah masih ada yang "calak culuk",saya juga tidak tahu,karena sudah lama tidak pernah dengar lagi

Kalau ada keterangan yang keliru,maka hal tersebut,sayalah yang salah ingat kisahnya,bukan salah dosen saya.  Pokoknya,kalau ada yang kurang pas atau kurang tepat penulisannya,semuanya adalah kesalahan saya, Karena dosen saya orang baik dan sangat ramah. 

Tjiptadinata Effendi

VIDEO PILIHAN