Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Agar Buah Alpukat Matang Tanpa Diperam

19 April 2021   19:51 Diperbarui: 19 April 2021   21:25 294 25 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Agar Buah Alpukat Matang Tanpa Diperam
dokumentasi pribadi

Tak Perlu Diperam Dalam Beras, Apalagi Pakai Karbit!

Seperti yang sudah pernah saya tuliskan,dulu sewaktu masih tinggal di Wollongong saya menanam 3 batang pohon Alpukat .Dan bersyukur ke tiga tiganya sarat dengan buah. 

Harga buah Alpukat di Australia,berkisar antara 4 hingga 5 dolar perbuah,atau setara dengan Rp. 50.000 perbuah.Tapi ketika ketiga pohon panen dan ada lebih dari 100 buah alpukat,tidak kami jual ,melainkan dibagi dengan tetangga dan teman teman.  

Sisa buah alpukat yang masih tersisa di pohon,terpaksa diambil ketika belum matang. Karena kalau menunggu hingga matang,maka sudah keburu dipatuk burung burung .Walaupun tidak habis dimakan,tapi karena sudah berlubang lubang dipatuk,tentu sudah tidak layak lagi dimakan,karena kuatir akan menyebabkan penyakit.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Diperam Dalam Beras

Kalau cara konvensional, buah alpukat yang masih hijau diperam dalam beras. Tapi hasilnya tidak memuaskan karena sebagian sudah masak dan sebagian lagi masih keras. 

Kalau dibiarkan lebih lama,maka buah Alpukat menjadi busuk dan merusakkan beras ,Ada teman yang datang dan memberikan ide,bahwa buah Alpukat yang sudah cukup tua tapi belum matang, bisa diambil ,agar tidak dimakan burung. Buah tersebut tidak perlu diperam dalam beras,apalagi dalam karbit,karena baunya menjadi sangat tidak enak,disamping bahaya yang mungkin ditimbulkan

Caranya sangat mudah ,yakni buah Alpukat ditusuk dengan lidi yang bersih ,mulai dari bekas  tampuk buah ,hingga tembus daging buah dan tiba lidi tertahan di biji buah. Begitu dilakukan atas beberapa banyak buah yang mau dimatangkan dalam waktu singkat. Setelah itu,diletakan saja di tempat yang bersih Dan dalam 2 atau 3 hari sudah matang secara merata.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Awalnya Kurang Yakin

Awalnya kami kurang yakin,karena kuatir justru dibekas tusukan lidi buah akan membusuk. tetapi setelah isteri mencoba beberapa buah Alpukat yang masih hijau dan keras,setelah dipraktikkan seperti petunjuk teman kami,ternyata dalam waktu  2 hari sudah matang Dan ketika dibelah,matangnya merata dan dapat dinikmati. Bila hanya digeletakan begitu saya,maka seminggu baru matang dan matangnya juga tidak merata

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Nah,silakan mencoba. Dengan cara ini,kita bisa mempersiapkan stock buah alpukat di rumah ,karena bisa diatur ,untuk mengonsumsinya. Yang mau dimakan,ditusuk sesuai petunjuk ,hingga 2 - 3 hari lagi sudah siap santap.Sedangkan yang lainnya,dibiarkan tanpa disentuh,akan bertahan hingga seminggu sebelum matang

Selamat mencoba

VIDEO PILIHAN