Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tips Bagi yang Masih Menjomlo

8 Februari 2020   13:00 Diperbarui: 8 Februari 2020   13:11 250 15 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Bagi yang Masih Menjomlo
dokumentasi Pribadi

Dalam Mencari Pasangan Hidup

Pertama, agar jangan sampai ada yang keliru menafsirkan tulisan ini sebagai sebuah lelucon, izinkanlah saya menyampaikan sekilas bahwa suka atau tidak suka, secara universal, setiap suku bangsa memiliki karakteristik yang berbeda beda. Ada yang patut ditiru dan ada pula yang patut dihindari. Jadi sama sekali tidak dalam konteks meremehkan siapapun. 

Sebagai contoh, sifat umum orang barat adalah senang membaca buku, sehingga kalau naik bus, kereta api, maupun berada di pesawat, maka begitu duduk sudah langsung keluarkan buku untuk dibaca. 

Bahkan saking terobsesi membaca, tak jarang mereka bawa buku ketika ke toilet. Nah, yang awalnya patut dicontoh, tapi bawa buku hingga ke toilet. tentu tidak patut ditiru.Kasihan orang lain yang lagi kebelet, menunggu lama.

Kalau orang Cina, ke mana saja pergi tak akan lepas dari makan. Baik di Kereta api, bus dan di pesawat. Bahkan walaupun ada larangan: "dilarang makan dan minum selama berada di kereta api, tetap saja tampak mulut mereka mengunyah sesuatu. Orang Cina, kalau ngomong keras, bagaikan orang yang lagi berantem. Nah, hal semacam ini tentu tidak perlu dicontoh.

Sifat umum orang Indonesia gimana ya? Naik bus, kereta api, maupun berada di pesawat, biasanya tidur atau duduk melamun. Mungkin "takana jo kampuang". Kalau orang India, ketika mengatakan: "Yes," tapi kepalanya geleng geleng. Nah, yang ini juga jangan di tiru di negeri kita. 

Kembali ke Judul

Nah, beginilah kalau kakek-kakek menulis. Lain judul, lain yang diceritakan. Maka kini kembali ke judul Nah, begitu juga antara satu daerah dengan daerah lainnya, di nusantara ini, terdapat beragam suku. Ada orang Padang, Batak. Jambi, Palembang, Jawa dan seterusnya.

Nah, karena dalam keluarga besar kami, terdiri dari orang Padang, Batak dan Jawa, maka saya dapat memberikan secercah tips bagi yang sedang mencari jodoh.

Untung Rugi Beristrikan Orang Padang:

Keuntungannya :

  • bisa makan enak, karena semua wanita Padang bisa masak apa saja
  • pekerja keras dan siap mendukung usaha suami
  • mau dan mampu mengatasi masalah, tanpa merengek kepada suami
  • tidak banyak menuntut ini dan itu 
  • pintar berbisnis
  • tidak gengsi gengsian
  • hidup sederhana
  • jauh dari gaya hidup konsumtif 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x