Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Pendiri dan Ketua Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami - Penulis buku buku National Best Seller yang diterbitkan oleh PT.Elek Media Komputindo Jakarta.Penulis buku :" Your Choice is your life "

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Di Australia Kata "Wow " Tidak Lazim Dipakai

16 Juni 2019   20:04 Diperbarui: 17 Juni 2019   05:00 0 25 11 Mohon Tunggu...
Di Australia Kata "Wow " Tidak Lazim Dipakai
ilustrasi: trans7.com

Mencoba Memahami Penggunaan Kata  :"Wow"

Belakangan ini ,agaknya menjadi semacam trend unik,tentang penggunaan kata :"Wow" di negeri kita ,yang mengakibatkan timbulnya rasa  bingung, karena entah apa hubungannya ,terus orang menggunakan kata :"Wow" . Saya cari di kamus Bahasa Indonesia online, kata "Wow",artinya adalah menakjubkan atau sebuah kejutan sehubungan dengan suatu hal atau suatu benda ,yang luar biasa. 

Lazimnya diucapkan ketika menyaksikan hal yang luar biasa atau suatu tindakan yang menghadirkan rasa kekaguman . Atau menyaksikan pelangi yang membentang indah secara menakjubkan.,mungkin orang Amerika mengungkapkan rasa kagumnya dengan kosa kata tersebut. Tapi ,bagi orang Indonesia,tentu saja ada kata yang tepat untuk mengutarakan rasa kagum ataupun ketika menyaksikan suatu hal yang menakjubkan. Lalu mengapa harus menggunakan kata :"Wow?"Tapi tentu saja ,kita hanya bisa sekedar bertanya dalam hati,karena setiap orang boleh saja berbeda dengan diri kita dalam mengungkapkan rasa kagum dan takjub.

Tapi bukankah  kata :"Wow" disematkan pada sesuatu yang bersifat positif? Kalau anak menerima rapor dan  seluruh angkanya tidak ada satupun yang hitam,maka orang tua yang waras,pasti tidak akan mengatakan  :"Wow.menakjubkan .Anakku memang luar biasa,belum pernah ada anak yang seluruh angka raportnya merah,kamulah satu satunya yang mampu melakukannya. 

Kalau dalam hal yang bersifat negatif,tentu orang tua tidak akan mengatakan :'Wow" atau "menakjubkan",tapi mungkin kata lain,misalnya:"Keterlaluan kamu" atau :"kamu sungguh mengecewakan dan mempermalukan orang tuamu".Apalagi ,kalau anak terjatuh dari tangga dan berdarah darah,masa iya ,orang tua bilang :"Wow.menakjubkan? "

Kembali Ke Judul

Selama tinggal di Australia sejak tahun 2006 dan tinggal berpindah pindah dari negara bagian Queensland, New South Wales dan kini di Western Australia ,serta bergaul setiap hari dengan warga lokal (orang Australia ),sejujurnya,belum pernah saya dengar dengan telinga saya ,kata :"Wow".Kalau mereka bertandang kerumah dan senang menengok ada rendang Padang,maka komentar mereka adalah :"Very nice " atau "Beautiful" Kalau mereka kue yang disuguhkan,maka komentar mereka adalah:" perfect" .Ketika mereka menengok lukisan pemandangan tergantung di dinding,maka komentar yang terdengar adalah :"Wonderful" Sungguh,belum pernah mendengarkan mereka memberikan komentar :"Wow",dalam hal apapun

Kalau dalam bahasa Padang, rasa kekaguman akan sesuatu ,diberikan komentar :" Rancak bana" dan kalau ada berita yang mengejutkan,maka komentar yang biasa terdengar  adalah :"onde mande" .Tapi seperti kata pepatah:" Lain sungai ,lain pula buayanya" ,lain negeri lain pula budayanya. Yang jadi pertanyaan,bukankah dalam bahasa Indonesia ,ada kata yang lebih tepat ,ketimbang menggunakan kata :"Wow?"

Mungkinkah Kata :"Wow" kelak akan diadopsi menjadi kosa kata bahasa Indonesia? Tentu bukan kapasitas saya untuk menjawabnya.Biarlah para ahli bahasa yang menentukan kelak. Karena saya hanya seorang kakek yang senang menulis.Bahkan seringkali tulisan saya dibantu edit oleh mas mbak Admin,karena banyak terdapat kesalahan ketik ataupun penempatan kata yang tidak sesuai.

Tulisan ini,hanya merupakan sebuah renungkan kecil,daripada saya bengong sendirian memikirkan tentang pengertian kosa kata :"wow",maka jauh lebih baik melibatkan orang banyak ,agar juga ikut memikirkannya.

Tjiptadinata Effendi

KONTEN MENARIK LAINNYA
x