TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI profesional

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Pikiran Negatif Menjadikan Hidup Kita Galau

12 Juni 2018   20:22 Diperbarui: 12 Juni 2018   20:22 564 9 8
Pikiran Negatif Menjadikan Hidup Kita Galau
Ilustrasi: Shutterstock.com

Bila Tidak Cepat Dibenahi Berpotensi Merusak Kehidupan Kita

Apa saja yang dapat dikategorikan sebagai pikiran negatif,rasanya tanpa perlu di jelaskan,semua orang dewasa sudah sangat memahaminya. Dan sebagai orang waras,tentu berusaha agar pikiran negatif,dapat dihindari secara maksimal,karena setiap orang  pasti sudah merasakan akibat yang ditimbulkan oleh pikiran negatif. 

Yang berdampak buruk,serta sangat berbahaya  bagi kesehatan lahir dan bathin. Pikiran negatif ini ,dapat merambah semua orang ,tanpa membedakan suku,agama ,maupun gender. 

Hal ini tidak dapat dianggap sepele,karena pikiran negatif,akan sangat berpengaruh terhadap cara berpikir dan dalam menentukan sikap dan merupakan penghalang terbesar,dalam upaya mencapai cita cita hidup. 

Begitu hebatnya kekuatan dari pikiran negatif  mempengaruhi pola hidup kita,sehingga satu pikiran negatif saja,sudah cukup untuk menciptakan kegamangan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi.

Misalnya,bagi yang bekerja sebagai karyawan,bila terpikirkan :"Mungkin teman saya menjelek jelekkan saya dimata Boss" .Maka apabila hal ini dibiarkan mengendap.maka apa yang selanjutnya terjadi  ?

  1. Ada rasa keterpaksaan setiap akan berangkat kerja
  2. Selama di tempat pekerjaan,suasana hati terus galau
  3. Tidak lagi dapat berpikiran jernih
  4. Secara tidak sadar ,sikap kita berubah menjadi tempramental
  5. Mengisolasi diri dari pergaulan dikantor
  6. Selalu tampil dengan wajah tak sedap dipandang,karena suasana hati tidak tentram
  7. Akibatnya kondisi ini, akan memicu stress berkepanjangan
  8. Merosotnya rasa percaya diri
  9. Meningkatnya kecemasan dan kegelisahan 
  10. Tidak tertarik lagi akan peluang untuk maju 

Kegalauan Pikiran dan Suasana Hati ,secara langsung,menurunkan seluruh daya daya hidup yang ada dalam diri. Diawali dengan susah tidur .Selalu gelisah. Makan tidak enak ,serta sama sekali tidak ada kedamaian dalam hati.Pikiran negatif tak ubahnya bagaikan banjir badang,yang melanda dan menghancurkan apa saja yang dilaluinya.

Menurut Herbert Benson,seorang Doktor dibidang Cardiology dan sekaligus pendiri Mind and Body Medical Institute,pada Massachusetts General Hospital di Boston,intinya adalah bahwa antara kesehatan phisik dan pikiran ,saling berpengaruhi dalam diri setiap orang.

Jadi tidak mungkin orang sakit bisa sembuh,bilamana yang diobati hanya phisiknya saja,sedangkan penyebab sakitnya adalah karena pikiran dan suasana hati yang kacau.Buku bukunya menjadi best seller di dunia dan dicetak ulang ,sebanyak lebih dari 5 juta copy dalam berbagai bahasa

Pengalaman Pribadi

Saya menyakini apa yang ditulis oleh Herbert Benson,karena secara pribadi sudah pernah mengalaminya. Akibat stress berkepanjangan,karena ditipu oleh sahabat bisnis,saya jatuh sakti dan mengalami komplikasi.,yakni insomnia,jantung berdebar debar.gampang kaget dan bisa :"black out " sewaktu waktu.perdarahan pada lambung dan sebagainya. Dioperasi  satu kali di RS Yos Sudarso di Padang, dua  kali di Mount Elisabeth  dan keempat kalinya di Glen Eagle Hospital di Singapore

Padahal awalnya saya seorang olah ragawan dan pelari marathon.tapi karena stress berkepanjangan,seakan tidak ada bagian tubuh saya yang tidak sakit

Semoga ada manfaat yang dapat dipetik dari tulisan ini,agar pengalaman buruk yang pernah saya alami,jangan sampai terulang  pada diri orang lain. Caranya sangat sederhana,yakni jangan biarkan pikiran negatif meracuni pikiran dan hati kita!

Tjiptadinata Effendi