TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI profesional

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Regional highlight

Menengok Pengaruh Sertifikat Halal di Australia

12 Oktober 2017   21:04 Diperbarui: 12 Oktober 2017   21:12 625 4 3
Menengok Pengaruh Sertifikat Halal di Australia
Dokumentasi Pribadi

Pengaruh Sertifikat Halal Pada Calon Pembeli Di Pasar Tradisional Australia

Morley Market yang berada dalam lingkungan yang sama dengan Conventry Vilage,merupakan salah satu pasar tradisional ala Australia. Walaupun kekurangannya adalah bahwa disini tidak ada tawar menawar,tetapi tetap ramai dikunjungi. Dan pengunjungnya sebagaian terbesar berasal dari Indonesia,Malaysia dan  Asia ,serta Timur Tengah. Alasannya adalah Pasar Tradisional ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh supermarket lainnya ,yakni:

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

ada sertifikat halal

  • cafe halal
  • toko daging halal
  • buka 24 jam sehari
  • harganya jauh lebih murah
  • buah dan sayuran fresh from the garden

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Sehingga kendati lokasinya berada dipinggiran kota,tapi selalu ramai dikunjungi oleh pembeli,termasuk kami berdua,menjadi pengunjung tetap pasar ini. Bagi yang beragama islam,alasannya pasti karena adanya sertifikat HALAL ,sedangkan bagi yang lainnya,karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan supermarket.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Ternyata Di Pasar Tradisional Vietnam,Juga Ada Sertifikat Halal

Hari ini,kami diajak teman dari Indonesia ,untuk jalan kepasar Vietnam.Karena memang belum pernah kesini,maka tentu saja ajakan ini kami iyakan . Lokasinya lumayan jauh dari tempat kami tinggal,yakni sekitar 40 menit berkendaraan. Hampir sama dengan Morley Market,dari luar tampak tak ubahnya bagaikan gudang besar,tapi setelah menginjakkan kaki dipintu masuk,baru tampak seluruh ruangan penuh sesak dengan barang barang dagangan.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Buka 365 Hari Setahun

Seakan tidak mau kalah dengan Pasar Morley yang buka 24 jam sehari,malah pasar ini buka 363 hari dalam setahun.Artinya,tidak ada hari libur ,bagi mereka.  Harga barang barang disini ,relatif murah dan hampir sama harganya dengan harga barang barang yang dijual di Pasar Morley.Hanya buahan disini lebih mahal . Masuk kedalam Pasar tradisional gaya Vietnam ini ,bisa membuat orang kesasar,karena sangat luas sekali. Saya tidak tahu persis luasnya berapa,namun hampir satu jam kami  berkeliling,belum semua sudut pasar dapat kami kunjungi.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Selama kami berada disana,pembeli rata rata dari Asia ,termasuk dari Indonesia dan Malaysia.Diluar gedung pasar,ada restoran Al Amien,tampak cukup besar.Ternyata selembar Sertifikat Halal ,sudah cukup untuk membedakan para pengunjung di Pasar Tradisional Global dan  Supermarket modern. Kebetulan tadi ketemu dengan orang Malaysia yang sudah 38 tahun tinggal di sini. Menurut pria yang sudah kira kira seusia saya, dengan berbelanja di sini atau dipasar Morley,mereka tidak perlu merasa was  was.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Tulisan ini tidak bermaksud menyinggung siapapun.Hanya semata mata ,memberikan gambaran,bahwa mengenai Sertifikat Halal.bukan hanya menjadi perhatian orang di indonesia,tapi juga di Australia.Cuma itu saja dan tidak ada kaitannya dengan politik ataupun sara.

Tjiptadinata Effendi