Mohon tunggu...
Tjen Maurilia Zerlina
Tjen Maurilia Zerlina Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Peserta KKN

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sabtu Berkah Mahasiswa Universitas Diponegoro bersama Warga Semarang

29 Juli 2021   12:35 Diperbarui: 29 Juli 2021   13:13 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sabtu Berkah Mahasiswa Universitas Diponegoro bersama Warga Semarang
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan KKN mahasiswa Universitas Diponegoro gelombang kedua tidak hanya sebatas memohon ijin saja. Selain itu, pada minggu kedua, mahasiswa peserta KKN Universitas Diponegoro yang bertempat di Kelurahan Kedungmundu melakukan kegiatan membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan. 

Hal ini dilakukan pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 pukul 08.30. Kegiatan ini dipimpin oleh Pak Lurah setempat dengan dibantu oleh sebelas mahasiswa peserta KKN. Pembagian bantuan dalam bentuk sembako dilakukan secara masif dengan tetap menaati protokol kesehatan dari pemerintah.

Pagi hari itu, kesebelas mahasiswa Undip yang merupakan peserta KKN membantu Pak Lurah dalam membagikan sembako kepada warga. Kesepuluh mahasiswa tersebut adalah Rohman, Inggrid, Anya, Vira, Dara, Zefanya, Ralita, Tita, Tipan, Mita, dan Adila. 

Para mahasiswa membagikan bantuan sembako dibantu oleh pihak kelurahan untuk melakukan koordinasi. Selain itu, beberapa dari mereka ditugaskan di area yang berbeda-beda. Misalnya saja Rohman, Mita, dan Adilla ditugaskan di area RW. 001, sedangkan sisanya di RW. 003 dan RW. 009. Pembagian kelompok dalam penugasan ini memberikan manfaat supaya pekerjaan cepat diselesaikan dan juga tidak bergerombol di satu area saja.

Kegiatan yang dilakukan pada puku 08.30 dengan awalan instruksi dan juga pembekalan dari Pak Lurah setempat, diakhiri dengan ucapan terima kasih dan juga foto bersama para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro. Kegiatan ini berakhir pukul 11.40 bertepatan dengan jam makan siang. 

Setelah kegiatan ini mahasiswa diperbolehkan untuk kembali ke kediaman masing-masing secara tertib. Acara pembagian bantuan berupa sembako pun selesai di Hari Minggu tersebut dan rencananya di masa yang akan datang kegiatan ini akan dilakukan kembali.

Pembagian bantuan berupa sembako yang dilakukan oleh Kelurahan Kedungmundu menunjukkan bukti bahwa kegiatan ini sejalan dengan SDGs nomor 11 yang berkaitan dengan desa yang nyaman dan juga kegiatan berkelanjutan. Bantuan sembako di masa pandemi Covid-19 saat ini menjadi hal yang sangat membantu warga yang membutuhkan. 

Oleh sebab itu, bantuan sembako kepada warga bisa lebih dimasifkan dan juga tidak hanya diarahkan kepada beberapa warga saja. Tetapi juga warga lainnya secara merata. Hal ini disebabkan karena masih ada beberapa warga yang belum mendapatkan sembako padahal mereka juga sangat membutuhkan bantuan ini. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN