Muda

Career Expo UPH: Gandeng Alumni Bangkitkan Semangat Entrepreneur Mahasiswa

12 Maret 2018   07:50 Diperbarui: 12 Maret 2018   07:50 663 0 0
Career Expo UPH: Gandeng Alumni Bangkitkan Semangat Entrepreneur Mahasiswa
dokumentasi pribadi

Pada tanggal 8 Maret 2018, UPH mengadakan seminar Entrepreneurship for Students dengan pembicara Ryan Maneka, bertempat di MYC MPR UPH Lippo Village. Seminar ini merupakan bagian dari serangkaian program Career Expo yang dimulai sejak tanggal 5 sampai tanggal 10 Maret, oleh UPH Career Center UPH. Rangkaian kegiatan  di antaranya talkshow, workshop dan seminar.  

Ryan merupakan seorang alumni UPH Magister Manajemen 2007 yang sekarang menjadi wirausaha di berbagai bidang industri yakni pasir silica, batik, percetakan dan juga graphic design house. Seminar ini sendiri bertempat di MYC MPR UPH Lippo Village dan dihadiri oleh sebanyak 30 mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan.

Dalam seminar ini, Ryan membagikan apa itu entrepreneurship melalui sharing, motivasi dan cara atau path membangun bisnis sendiri. Menurutnya sebenarnya hal tersebut sudah ada dalam bakat setiap orang, hanya perlu di-remind saja.

"Kalau di kampus kan biasanya yang formal itu ya kuliah dari semester 1 sampai akhir, monoton lah ya. Kerjain skripsi atau magang. Setelah lulus, kebanyakan bingung, mau lanjut kerja, atau sekolah lagi, magang atau nerusin usaha keluarga, belum jelas ya. Dulu waktu kulaih saya sendiri  belum jelas mau bisnis di sektor apa, bidangnya apa, saya lebih tertarik yang mana tidak bisa dipaksakan. Mungkin Anda juga begitu. Jadi biarkanlah tumbuh jadi diri sendiri sesuai dengan bidang yang diminati. 

Saat ini di jaman digital beda dengan dulu. Sekarang sebelum lulus pun kita sudah banyak yang jualan online, sudah berbisnis sendiri, istilahnya belajar bisnis sedini mungkin. Sukses itu tidak selalu harus kerja terlebih dahulu sama orang. Kalau kalian punya insting yang tajam, lakukan, do it. Jangan takut", tandas Ryan.

Selain itu, melalui seminar ini juga Ryan bertujuan untuk menekan angka apatisme, sebab menurutnya seorang wirausaha dibutuhkan tingkat kepedulian yang tinggi.

Untuk itulah Ryan dalam kesempatan ini  membagikan informasi bahwa IKANI UPH (Ikatan Alumni Indonesia) akan memberikan wadah yang dapat memfasilitasi para alumni dan calon alumni UPH yang memiliki ide usaha, baik itu berupa pembimbingan, pelatihan, maupun dari segi pembiayaan.

Ryan sendiri berharap melalui seminar ini mahasiswa semakin termotivasi untuk berinovasi dan menjadi seorang entrepreneur.

Para peserta tampak antusias mendengarkan penjelasan yang sudah dibagikan, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan.

Berikut ini testimoni dari beberapa peserta:

  • Yulita -- Biotech, 2014 Seminarnya benar-benar informatif, sangat cocok juga untuk anak-anak yang baru lulus yang memiliki ide untuk startup bisnis, yang bingung dananya darimana. Very interesting. Aku jadi termotivasi untuk belajar lebih dalam bagaimana jadi entrepreneur seperti lebih banyak belajar lagi di bidang yang lain, misal istilah ekonomi. Apalagi setelah mendengar ada fasilitas, jadi membuat makin semangat.
  • David --Manajemen 2014. Seminar ini memiliki pembicara yang oke banget, yang dibagikan semua sangat penting. Semuanya berdampak baik bagi mahasiswa. Khususnya jadi semakin termotivasi untuk menjadi seorang entrepreneur..