Mohon tunggu...
Titi Waluyanti
Titi Waluyanti Mohon Tunggu... Guru - Butiran debu

Writing for healing

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini yang Saya Lakukan untuk Mengatasi Gangguan Asam Lambung

4 Januari 2022   21:35 Diperbarui: 4 Januari 2022   21:49 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Infused water jeruk nipis (dokpri)

Pada pertengahan 2020, saya sadari bahwa perut saya bermasalah. Saya mencari informasi di internet terkait gejala yang saya rasakan. Berdasarkan informasi, saya mengalami gangguan asam lambung.  Kadang-kadang saya mau muntah, terutama ketika menggosok gigi, air liur terasa lebih kental cenderung seperti lendir, susah tarik napas, dan rasa tidak nyaman yang lain. Bahkan saya pernah merasa mual saat minum teh dan makan biskuit.

Berdasarkan informasi dari internet pula, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari. Saya mencoba menaatinya. Saya tidak lagi minum kopi, teh, minuman bersoda, mengurangi makan gorengan, dan lainnya yang merangsang asam lambung.

Asam lambung tidak mungkin dihilangkan karena memiliki fungsi sangat penting. Asam lambung berfungsi untuk membunuh bakteri, virus  dan parasit yang merugikan tubuh; mencerna protein; merangsang hati, usus, dan pankreas untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, jangan pernah berusaha untuk menghilangkan asam lambung.

Ketika perut saya terasa tidak nyaman akibat asam lambung naik, saya terapi dengan minum air rendaman jeruk nipis atau infused water jeruk nipis.

Caranya, siapkan jeruk nipis tua yang sudah dicuci bersih. Lalu, iris tipis jeruk nipis itu dan masukkan ke dalam air putih dalam suhu ruang, bukan air dingin atau hangat. Diamkan sekitar satu jam lalu diminum. Ingat, jeruk nipis tetap dalam keadaan berkulit, tidak dikupas. Jangan peras jeruk nipis.

Saya beberapa kali minum air itu pagi hari ketika perut kosong. Saya tidak pernah merasakan perih. Saya minumnya tidak selalu pagi. Saat saya ingat, saya buat minuman itu. Bahkan saya jadi lebih sering minum air putih karena ditambah irisan jeruk nipis

Ini pengalaman saya dalam mengatasi gangguan asam lambung. Jika Anda tidak yakin, jangan mencobanya. Kemungkinan belum ada uji klinis tentang jeruk nipis untuk mengatasi gangguan asam lambung.

Salam sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun