Mohon tunggu...
Transportasi Pilihan

Inovatif! Amankan Sepeda Motormu dengan "De Micle"

29 Mei 2018   19:54 Diperbarui: 29 Mei 2018   22:27 878 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inovatif! Amankan Sepeda Motormu dengan "De  Micle"
(Dok. Pribadi)

Malang-Pada tahun 2017, jumlah kasus pencurian sepeda motor di Indonesia mencapai angka 28.623. Bahkan pada tahun sebelumnya jumlah kasus serupa malah mencapai angka 34.755. Hal ini menunjukkan bahwa kasus pencurian sepeda motor tidak bisa disepelekan. Terlebih jumlah sepeda motor di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan membuat teknologi yang efektif untuk mencegah adanya pencurian. Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam Tim De Micle. Tim De Micle dipimpin oleh Yetti Aprilia Utami Mahasiswa Jurusan Fisika, dengan anggota Juarendra Ramadhani dan Tismen Yoga Pradana.

"Kita membuat teknologi pendeteksi lokasi berbasis GPS yang hemat energi. Teknologi ini dipasang pada sepeda motor dan diintegrasikan dengan telepon genggam si pemilik kendaraan, sehingga pemilik kendaraan dapat memantau lokasi kendaraannya setiap saat," ucap Yetti selaku ketua tim.

Teknologi De Micle ini terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya adalah sensor magnet elektrik, modul HP GSM dan  modul GPS, serta microcontroler ATMega 16.  Sensor magnet elektrik berfungsi sebagai sensor pendeteksi, sedangkan modul HP GSM berfungsi sebagai pengirim sinyal ke telepon genggam pemilik kendaraan dari modul GPS yang berupa data informasi lokasinya.  

Selain sebagai pendeteksi lokasi sepeda motor, keunggulan berupa hemat pemakaian energi yang digunakan alat tidak akan banyak memakan sumber daya yang ada di sepeda motor. Dengan adanya keunggulan ini, aki, sebagai sumber daya listrik pada sepeda motor tidak akan cepat habis.

Penggunaan teknologi De Micle ini cukup sederhana. Terdapat 2 kabel pada alat ini dan kemudian dihubungkan ke aki motor, kemudian SIM card dimasukkan ke dalam alat. De Micle siap digunakan.

"Secara umum, cara kerja dari alat ini adalah ketika sepeda motor bergerak dari posisi awal berdasarkan batas tertentu, sensor magnet akan mendeteksi  indikasi adanya gangguan, data informasi selanjutnya akan  diproses oleh ATMega16 untuk memastikan apakah telah valid atau tidak. apabila data valid maka akan mengirimkan sinyal HP pemilik kendaraan lokasi melalui sms. Jadi ketika diparkir dan berpindah posisi maka posisi yang terbaru akan dikirimkan informasinya melalui sms juga. P emilik sepeda motor bisa memantau lokasi saat motor berpindah," jelas Juju, panggilan Juarendra.

 Tim yang mengemban tugas dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta tahun 2018 tersebut mengungkapkan, bahwa nantinya kegiatan ini tidak saja berhenti pada capaian dalam bentuk buku dan software, namun juga diharapkan mampu menjadi bekerjasama dengan pihak investor untuk dikomersilkan.

VIDEO PILIHAN